Sketsa News
Home Berita Terkini, Hankam, Internasional, News Korut Selangkah Lagi Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

Korut Selangkah Lagi Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

Sketsanews.comk, PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengatakan bahwa negaranya sebentar lagi akan melakukan uji coba rudal balistik antar benua (ICBM). Dalam pidato Tahun Barunya, diktator bertubuh tambun itu mengatakan pengembangan ICBM yang dilakukan Korut telah mencapai tahap akhir.

“Penelitian dan pengembangan persenjataan mutakhir telah menunjukkan kemajuan dan persiapan uji coba peluncuran rudal ICBM berada pada tahap terakhir,” ujar Kim sebagaimana dilansir dari Okezone, Senin (2/1/2017).

Kesuksesan uji coba ICBM akan menjadi langkah penting dalam pengembangan kapabilitas persenjataan Pyongyang. Tahun lalu, negara terisolasi itu melakukan delapan kali uji coba rudal balistik Musudan, namun hanya berhasil dalam satu kali percobaan.

ICBM memiliki jarak minimal sejauh 5.500 kilometer (km), tetapi beberapa tipe ICBM didesain untuk menempuh jarak 10 ribu km atau lebih.

Rudal Musudan yang diuji coba Korut didesain untuk menempuh jarak hanya 3.000 km, namun cukup untuk menebar ancaman bagi tetangganya Korea Selatan (Korsel), Japan dan Guam.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: