Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Opini Dampak Teknologi Bagi Kehidupan

Dampak Teknologi Bagi Kehidupan

Sketsanews.com, Jakarta – Sejalan kemajuan teknologi semakin berkembang pesat seperti sekarang ini, membuat banyak sekali perubahan di hampir setiap lini kehidupan. Komunikasi yang tanpa batas dan sangat dimudahkan dengan berbagai fasilitas memungkinkan membuat semuanya semakin mudah dan cepat. Berbagai peratalan pendukung dan fasilitas disediakan dengan gratis dan mudah untuk ditemukan.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Kecepatan arus informasi yang dengan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerapnya dengan filter mental dan sikap kritis. Makin canggih dukungan teknologi tersebut, makin besar pula arus informasi dapat dialirkan dengan jangkauan dan dampak global. Oleh karena itu selama ini dikenal asas “kebebasan arus informasi” berupa proses dua arah yang cukup berimbang yang dapat saling memberikan pengaruh satu sama lain.
Pengaruh globalisasi dengan dukungan teknologi informasi seperti pedang bermata dua disatu sisi kita tidak dapat menyangkal manfaat dan ancaman yang dibawanya, jadi manfaat disebut juga pengaruh positif dan ancaman disebut pengaruh negatif. Pengaruh positif yang dapat dirasakan dengan adanya Teknologi Informasi adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi Teknologi Informasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dalam kegiatan ekonomi sudah dilakukannnya E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak lagi.
Sedangkan pengaruh negatif yang bisa muncul karena adanya Teknologi Informasi misalnya dari globalisasi aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia dan penipuan serta pembobolan keuangan melalui media elektronis juga akibat dari kegiatan ekonomi yang semakin mudah.
Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh negatif dan positif. Hal negatif apabila orang menguasai perkembangan teknologi seperti menguasai IT, Komputer, dll dan mengunakannya untuk menghancurkan kehidupan manusia, sedangkan sisi positif menjadikannya sebagai pengarah kehidupan manusia menuju hidup yang lebih baik dari sebelumnya.
Banyaknya informasi yang kita terima sering membuat kita kesulitan dalam memilih prioritas dan menentukan kebenaran informasi tersebut. Makin banyak informasi yang kita tampilkan dan share di internet dengan atau tanpa kita sadari yang membuka peluang penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Untuk itulah wajib kita bijak dalam menggunakan teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan agar tercipta suasana yang harmoni dan dinamis antara manusia dan teknologi yang digunakan. Kita tidak terjebak dalam kesibukan yang diciptakan oleh kita sendiri akibat penggunaan teknologi yang berlebihan tanpa mengenal waktu. Mari kita gunakan teknologi dengan pintar dan sesuai kebutuhan.

(Tri)

%d blogger menyukai ini: