Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Sambil Senam, Bu Menkes Promosikan GERMAS

Sambil Senam, Bu Menkes Promosikan GERMAS

Sketsanews.com–Mengawali Jumat Pertama tahun ini, Menkes Nila F. Moeloek bersama staf Kementerian Kesehatan melaksanakan senam bersama di lapangan kantor Kemenkes, Jakarta (6/1).

Berbeda dari senam-senam sebelumnya, kali ini peserta diajak bersenam Korpri.

Senam bersama merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap Jumat.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya promosi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang beberapa waktu lalu telah diluncurkan Presiden Joko Widodo.

Sebagaimana diketahui, Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni tiga masalah kesehatan triple burden yang membebani.

Yaitu masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali.

Di era modern ini, perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

Tahun 2015, PTM seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner (PJK), Kanker dan Diabetes justru menduduki peringkat tertinggi

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan.

Pertama melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari. Kedua, mengonsumsi buah dan sayur.

Ketiga, memeriksakan kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Tiga kegiatan ini dipilih karena bisa segera dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

“GERMAS diharapkan bisa membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat”, tutur Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Oscar Primadi. (Ags/jpnn)

%d blogger menyukai ini: