Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pita Garuda Mengarah ke Bawah, Monumen 40 Ribu Jiwa di Bulukumba Dipersoalkan

Pita Garuda Mengarah ke Bawah, Monumen 40 Ribu Jiwa di Bulukumba Dipersoalkan

Sketsanews.com, Bulukumba – Sejak rampung di tahun 2016, Monumen 40 Ribu Jiwa di Kabupaten Bulukumba menjadi lokasi favorit masyarakat untuk berfoto. Namun ada yang cukup menarik perhatian sejumlah warga soal monumen yang terletak di Kawasan Taman Cekkeng Park, Pantai Merepati, Jl Yos Sudarso ini.

Pita yang dicengkram garuda mengarah ke bawah, berbeda dari lambang negara Indonesia pada umumnya.

Salah satu kritikan datang dari Ketua HMI Bulukumba, Rahmat Fajar. Menurutnya penampakan ini tidak lazim dan sangat berbeda dengan lambang Pancasila, dimana pitanya menghadap ke atas.

“Dari beberapa referensi sejarah yang saya baca, memang tidak disebutkan dan dijelaskan apakah pita yang bertuliskan semboyan Bhineka Tunggal Ika kutipan dari karya Mpu Tantular, mengarah ke atas, ke belakang dan atau ke bawah. Hanya saja fakta sejarah dari setiap periodisasi perubahan bentuk, belum didapatkan kalau pita Bhineka mengarah ke bawah,” kata dia, Sabtu (7/1/2016).

Meski demikian, dia berharap agar pemerintah dan pakar sejarah segera melakukan pengkajian ulang. Karena selama ini belum ada rujukan soal bentuk lambang negara itu, kata dia.

Pasakai, penanggungjawab proyek monumen itu enggan bicara banyak. “Nanti coba saya cari tahu, karena saya juga belum begitu memperhatikanya,” ujar Mantan kepala Dinas Tata Ruang Bulukumba ini.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengatakan, pihaknya mengaku akan menindaklajuti masukan itu. Termasuk akan meminta klarifikasi Dinas Tata Ruang. “Kita coba kaji latar belakang dan klarifikasi ke ahli sejarah,” jelasnya, seperti dikutip dari Rakyatku.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: