Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Festival Serigala di Jepang Menarik Perhatian Turis Asing

Festival Serigala di Jepang Menarik Perhatian Turis Asing

Sketsanews.com, TOKYO – Peringatan tanggal 1 Januari 2017 lalu semakin menarik di Jepang karena berbondong-bondong turis asing menghadiri festival Serigala (kitsune no gyoretsu) di daerah dekat Stasiun Keihin Tohoku Line, Stasiun Oji (Ouji).

“Saya tahu dari internet mengenai festival ini, tampaknya menarik sekali,” kata Michael Brown dari Amerika Serikat yang khusus berlibur tahun baru di Jepang untuk melihat festival tersebut kepada Tribunnews.com .

Serigala adalah lambang penjaga kuil di Jepang dan festival serigala ini sebagai lambang para penjaga kuil yang sepenuh hati dan tenaga mencurahkan perhatiannya menjaga dan melayani serta melindungi kuilnya tersebut.

Harapan kecerahan hidup dan keberhasilan serta kebahagiaan bagi kita semua tercermin di dalam festival itu yang juga membawa lampu lentera dijinjing tangan masing-masing, sambil memakai topeng berwajah serigala.

Bukan hanya topeng saja, para turis asing dan warga Jepang banyak yang menghias wajahnya seperti serigala. Sekali merias wajah serigala dikenalan biaya 500 yen per orang.

Salah satu festival serigala yang terkenal ini memang ada di Oji, khususnya parade dimulai dari Kuil Shozoku Inari yang berjalan kaki bersama selama kira-kira satu jam menuju Kuil Oji Inari.

Awal upacara biasanya dimulai dengan bakaran kayu, membuka dan minum sake (alkohol Jepang), lalu mulai jam 00:00 tanggal 1 Januari selama satu jam dimulailah parade jalan kaki tersebut menuju Kuil Oji Inari.

Setelah sampai Kuil Oji Inari biasanya ada pula musik folk music dan tarian singa seperti barongsai semakin memeriahkan festival tersebut di Kaguraden.

Untuk mengikuti acara festival tersebut tidak ada biaya apa pun dan biasanya para peserta sudah siap menggunakan pakaian ala Jepang seperti kimono atau yukata bagi laki-laki dan sebagainya.

Tentu dengan pakaian dalam berlapis-lapis karena udara sangat dingin sekali.

Acara seperti ini, festival serigala tidak hanya di Oji Tokyo saja tetapi ada pula di banyak tempat seperti di Niigata, Takayama dan sebagainya di beberapa tempat di Jepang.

Mengapa? Karena serigala dianggap pelindung atau penjaga kuil di mana-mana sehingga wajar di banyak tempat dapat merayakan sang serigala, penjaga kuilnya masing-masing.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: