Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Tak Sekedar Bumbu, Kenali 8 Manfaat Bawang Putih!

Tak Sekedar Bumbu, Kenali 8 Manfaat Bawang Putih!

Ilustrasi bawang putih. shutterstock.com

Sketsanews.com, Jakarta – Bawang putih merupakan salah satu bumbu utama untuk setiap masakan. Meski, aroma dan rasanya yang khas terkadang tidak disukai sebagian orang. Namun bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat bawang putih. :

1. Sebagai antivirus dan antijamur
Salah satu senyawa pada bawang putih, allicin diketahui berfungsi sebagai antivirus dan mencegah pertumbuhan jamur albican.

2. Mengobati radang.
Bawang putih mengandung anti peradangan, bagi anda yang sedang demam dan mengalami radang tenggorokan, dengan mengunyah bawang ini akan melancarkan tenggorokan.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Bawang putih mengandung kadar antioksidan dalam jumlah tinggi. Hal ini membantu mencegah pertumbuhan kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Mengontrol berat badan.
Bawang putih memiliki kandungan yang dapat membantu menekan nafsu makan kita. Di samping itu, bawang ini akan membantu kita dalam memacu metabolisme sehingga kalori dalam tubuh akan dibakar dan hasilnya akan membantu menurunkan berat badan

5. Penyeimbang kadar gula darah dan mengobati diabetes
Penderita diabetes sangat disarankan banyak mengonsumsi bawang putih karena memiliki senyawa yang dapat menetralisir racun dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Dengan demikian bawang putih sangat bermanfaat untuk mengontrol jumlah kadar gula pada darah.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi
Orang yang menderita hipertensi dianjurkan makan bawang putih setiap hari, karena mengandung zat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mengatasi keracunan.
Karena mengandung antidioksida, maka bawang putih mampu untuk membantu menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh.

8. Menyembuhkan penyakit kulit.
Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat anti radang, karena mampu melawan infeksi dan bakteri. Oleh sebab itu, bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit pada kulit, seperti dilansir dari tempo.co

(Fya)

%d blogger menyukai ini: