Sketsa News
Home Berita Terkini, News Menko Polhukam: Yang Meresahkan Masyarakat Akan Kita Basmi!

Menko Polhukam: Yang Meresahkan Masyarakat Akan Kita Basmi!

Sketsanews.com ,JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Kea‎manan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, pemerintah akan segera merumuskan regulasi yang dapat memberikan sanksi berupa denda kepada netizen “nakal” yang menyebarkan informasi atau berita hoax di media sosial (medsos).

“‎Ya nanti kan ada sendiri pasal-pasalnya kan. Ini lagi dibentuk organsisasinya, posturnya dibentuk, lalu mereka kerja tentu nanti ada pasal-pasal yang akan dipakai sebagai pedoman kerja itu,” kata Wiranto usai melakukan rapat kerja terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/1/2017).
Mantan Panglima ABRI ini menegaskan, regulasi tersebut didasari semangat anti-infomasi hoax yang akan dikampanyekan hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah akan membasmi penyebar informasi yang tidak benar tersebut guna meminimalisir terjadinya kesalahan di opini publik.

“Tapi yang pasti ya sekarang dengan semangat anti-hoax sudah menyebar ke daerah. Mereka merasa perlu bahwa memang hal-hal yang menyangkut pemberitaan yang tidak benar, yang meresahkan masyarakat yang harus dibasmi, karena kita hanya kehabisan energi kalau kita disibukkan untuk urusan hoax. sehingga sumber-sumbernya harus kita hentikan,” tegas Wiranto.

Dikutip dari Okezone ,  hukuman denda bagi netizen penyebar informasi atau berita hoax, menurut Wiranto, tidak diperlukan membuat Undang-undang yang baru. Sehingga, nantinya regulasi tersebut hanya akan mengacu pada UU ITE dalam penerapannya.

“UU sudah ada kok. Kita itu mengacu pada Undang-undang itu untuk melaksanakan aksinya. ini hanya koordinasi saja kok,” pungkas mantan Ketum Partai Hanura tersebut.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: