Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Aksi Bela Rakyat 121 Surabaya

Aksi Bela Rakyat 121 Surabaya

Sketsanews.com, Surabaya – Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, Kamis (12/1/2017) siang ini berunjukrasa di depan Gedung DPRD Jatim Jl Indrapura, Kamis (12/1/2017). Dengan membawa berbagai spanduk dan poster, aksi kali ini mereka namakan Aksi Bela Rakyat 121 yang digelar secara serentak di 19 kota salah satunya di Surabaya. Aksi sendiri diikuti oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang tergabung dalam BEM seluruh Indonesia. Pada Aksi Bela Rakyat 121 di Surabaya berlangsung lancar, walau sempat diawali dengan aksi saling dorong antara mahasiswa dan petugas kepolisian.

AKBP Bambang telah mengarahkan bahwa cukup perwakilan saja yang boleh masuk untuk audiensi dengan anggota DPRD. Tapi, massa tetap ingin masuk semuanya. Sehingga salah satu dari mahasiswa berhasil diamankan aparat kepolisian karena diduga menjadi provokasi.

Setelah perwakilan mahasiswa yang berjumlah 15 orang ditemui oleh Ketua Komisi A DPRD Tk.I Jatim, seluruh aspirasi disampaikan langsung kepada wakil rakyat secara langsung. Turut mendampingi proses mediasi, Kapolrestabes Surabaya Kombespol M. Iqbal bersama Jajaran Pejabat Utama Polrestabes Surabaya.

Saat perwakilan mahasiswa sudah berkumpul diruang Musyawarah DPRD Jatim mereka tetap tidak mau memulai acara mediasi kecuali jika salah satu mahasiswa yang sempat diamankan didatangkan kembali. Setelah salah satu mahasiswa yang diamankan itu didatangkan maka mediasi dimulai dan berjalan dengan lancer sampai pukul 16.00 WIB.

Setelah seluruh rangkaian Aksi Bela Rakyat 121 ini selesai, Anggota DPRD Tk.I Jatim dan Kapolrestabes Surabaya menemui langsung mahasiswa yang sudah menunggu di luar pagar Kantor DPRD Tk.I Jawa Timur.
“Saya menyampaikan terima kasih atas aksi yang tertib dari rekan-rekan mahasiswa pada Aksi Bela Rakyat 121 ini. Saya sangat apresiasi atas isu yang diusung oleh Mahasiswa, kendati tadi sempat ada salah satu mahasiswa yang diamankan namun itu hanya upaya Kepolisian untuk meredam aksi agar tidak terjadi aksi yang lebih anarkis, dan sudah dipersilahkan untuk kembali kerumah, tidak ada yang kami tahan.” ujar Kapolrestabes Surabaya, Kombespol M. Iqbal.
(Im)

%d blogger menyukai ini: