Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Saatnya Agus, Ahok dan Anies Adu Kebolehan

Saatnya Agus, Ahok dan Anies Adu Kebolehan

Sketsanews.com, Jakarta – Tiga pasang cagub-cawagub DKI Jakarta akan berhadap-hadapan di debat Pilkada DKI malam hari ini. Di antara ketiga pasang cagub-cawagub, siapa yang bakal meraih simpati masyarakat dengan kebolehannya?

“Debat nanti malam akan menjadi dimulainya proses memilih secara rasional. Selama ini pemilih Jakarta masih memilih secara emosional. Debat pertama ini juga akan menjadi ajang proses klarifikasi para kandidat dari berbagai isu negatif yang secara merata menerpa semua kandidat,” kata pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, kepada wartawan, Jumat (13/1/2017).

Menurut Hendri, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang berduet dengan Djarot Saiful Hidayat akan tampil percaya diri. Sebagai petahana, Ahok dinilai punya banyak hal untuk dipamerkan.

“Ahok pasti akan tampil percaya diri nanti malam karena merasa pernah menjabat sebagai Gubernur. Hanya saja, kepercayaan diri Ahok inilah yang sering menjadi blunder balik ke dirinya,” kata Hendri.

“Sementara Anies Baswedan yang berduet dengan Sandiaga Uno akan memanfaatkan debat ini untuk menunjukkan kualitas intelektual yang dia miliki. Nah, kalau Anies terlalu tinggi bicara besar kemungkinan masyarakat sulit memahami program yang dia sampaikan,” kata Hendri.

Nah yang paling ditunggu adalah Agus Harimurti Yudhoyono yang berduet dengan Sylviana Murni dinilai bakal membuat kejutan. Karena selama ini pasangan cagub-cawagub nomor urut tiga itu belum pernah muncul di debat yang diselenggarakan sejumlah stasiun televisi..

“Malam nanti Agus diharapkan bisa memunculkan kejutan yang selama ini dia simpan dengan tidak hadir dalam beberapa acara debat ‘swasta’,” imbuh Hendri.

Setiap kandidat, terang Hendri, sebaiknya menyampaikan maksimal 3 pesan kunci yang mudah dicerna dalam setiap topik bahasan. “3 pesan kunci ini penting agar masyarakat mudah mengingat apa yang disampaikan kandidat dan bisa menceritakan yang mereka ingat kepada orang lain. Sebab, menurut survei KedaiKOPI, hampir 50% pemilih bersedia menyampaikan program bagus kandidat kepada orang lain,” kata Dirut KedaiKOPI ini.

Debat perdana ini akan mengangkat tema pembangunan sosial-ekonomi untuk Jakarta. Ada beberapa isu utama, di antaranya seputar sosial-ekonomi, lingkungan, transportasi, serta pendidikan dan keamanan warga.

Moderator yang akan memandu jalannya debat yakni Dwi Noviratri Koesno atau yang lebih populer dengan nama Ira Koesno. Ada empat orang panelis yang akan menguji program ketiga pasang cagub cawagub DKI Jakarta itu, keempat panelis tersebut yakni DR Imam Prasodjo (dosen Universitas Indonesia), Prof. DR. Aceng Rahmat, M.Pd (dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta), DR Yayat Supriyatna (dosen Universitas Trisakti) dan DR Enny Sri Hartati (direktur Institute For Development of Economics and Finance).

Detikcom akan menayangkan live streaming debat cagub-cawagub DKI Jakarta edisi perdama tersebut malam ini mulai pukul 20.00 WIB. Detikcom juga akan menayangkan live streaming debat cagub-cawagub DKI kedua dan ketiga pada 27 Januari dan 10 Februari 2017. Catat tanggal mainnya, jangan sampai ketinggalan!, sebagaimana dikutip dari Detik.

(Tri)

%d blogger menyukai ini: