Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Politikus Nasdem: Parpol Paling Berkuasa, Bukan Presiden

Politikus Nasdem: Parpol Paling Berkuasa, Bukan Presiden

Sketsanews.com, Jakarta – Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat mengatakan, partai politik memiliki kuasa lebih dibanding dengan yang lainnya di Indonesia. Bahkan, kekuasaan parpol lebih dari seorang kepala negara.

“Presiden tidak berkuasa di Indonesia, karena yang paling berkuasa itu di sini itu partai politik,” kata anggota Komisi VI DPR, Zulfan Lindan dalam sebuah diskusi di Jakarta, dikutip dari Viva.co.id,  Sabtu 14 Januari 2017.

Besarnya kekuasaan partai politik, kata Zulfan, bisa dilihat dari pemilihan pejabat negara. Dalam tiap pemilihan pejabat negara, harus terlebih dahulu diusulkan, dan mendapatkan persetujuan anggota dewan di parlemen. Presiden pun harus dilantik di hadapan MPR atau DPR.

Sebagai wakil masyarakat, parlemen berhak membentuk sebuah payung hukum bersama kepala negara, menyetujui anggaran yang diajukan, hingga pengawasan dan pelaksanaan dari undang-undang yang berlaku.

“Semua pemilihan harus melalui partai politik, beserta fraksinya. Kalau partai politik berengsek, maka berengseklah negara itu,” katanya.

Maka dari itu, politikus Partai Nasdem itu berharap, setiap partai politik mampu mempertanggungjawabkan kewenangannya sebagai wakil rakyat dengan baik. Terutama dalam mengawal pemerintahan saat ini.

“Ketua umum parpol harus bersih, supaya tidak tersandera. Ini keluhan saya, dan masalah yang sesungguhnya,” ujarnya.
(Ro)

%d blogger menyukai ini: