Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Gaji Guru di NTT Cair Akhir Januari

Gaji Guru di NTT Cair Akhir Januari

 

Sketsanews.com – Guru di Nusa Tenggara Timur (NTT) baru akan menerima gaji pada akhir Januari mendatang. Keterlambatan pencairan gaji disebabkan proses verifikasi data guru yang dialihkan dari kabupaten dan kota ke provinsi sampai Senin (16/1) belum rampung.

“Petugas baru menyelesaikan verifikasi data guru di 10 kabupaten. Masih 12 kabupaten yang harus diverifikasi,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan NTT Aloysius Min.

Ia menyebutkan, saat penandatanganan berita acara serah terima personalia, peralatan, dan dokumen (P2D) dari kabupaten dan kota ke provinsi, banyak guru naik pangkat sehingga gaji mereka pun naik. “Kita juga harus menghitung potongan Taspen. Ini yang membuat pembayaran gaji terlambat,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah guru dan tenaga kependidikan yang gajinya terlambat mencapai lebih dari 8.000 orang. Selain itu, terdapat guru kontrak sebanyak 2.310 orang.

Aloysius menyatakan keterlambatan pembayaran gaji guru tidak menimbulkan persoalan besar lantaran mereka bakal tetap menerima gaji. “Lebih baik verifikasi dilakukan sampai rampung sehingga saat pembayaran nanti tidak kacau,” kata dia.

Gaji ribuan guru SMA/SMK di 15 kabupaten/kota wilayah Sulawesi Utara (Sulut) hingga kini juga belum dibayar Dinas Pendidikan Sulut. Padahal, sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan berjanji pembayaran tuntas pekan lalu. “Setelah ada aturan peralihan pembayaran gaji guru SMA/SMK dibayar pemerintah provinsi, sampai sekarang kami guru SMK di Manado belum menerima gaji bulan Januari,” kata seorang guru di Manado, kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Sulut Gemmy Kawatu, saat dimintai konfirmasi, membenarkan gaji guru SMA/SMK belum tersalurkan semuanya karena terkendala oleh persyaratan administrasi, demikian dilansir Media Indonesia.com.

(Ad)

 

%d blogger menyukai ini: