Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Menlu Retno Akan Resmikan Sekolah Indonesia di Myanmar

Menlu Retno Akan Resmikan Sekolah Indonesia di Myanmar

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, akan meresmikan sekolah Indonesia di Myanmar. Foto/SINDOnews/Isra

Sketsanews.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Myanmar dari tanggal 20 hingga 22 Januari mendatang. Retno ke Myanmar untuk membuka sekolah Indonesia dan menyerahkan bantuan resmi pemerintah Indonesia untuk negara bagian Rakhine.

Staff ahli hubungan kelembagaan Kementerian Luar Negeri Indonesia, Salman Al Farisi mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Indonesia kepada Myanmar bukan hanya bantuan jangka pendek melainkan juga jangka menengah, hingga panjang. Bantuan yang diberikan saat ini adalah bantuan jangka pendek, sedangkan bantuan pendidikan adalah bantuan jangka panjang.

“Ini tentu saja bukan hanya bagian jangka pendek, tapi juga jangka menengah, dan jangka panjang. Bantuan Indonesia diharapakan lebih dari sekedar bantuan kemanusian atau bantuan darurat,” ucap Salman pada Rabu (18/1/2017).

“Beberapa langkah sudah dilakukan oleh organisasi non-pemerintah, kalangan aliansi lembaga kemanusiaan Indonesia, Dompet Dhuafa, PKPU. Dan saat ini, yang akan diresmikan nanti oleh Menlu, dua sekolah di Rakhine State menyusul empat sekolah yang sudah dibangun sebelumnya,” sambungnya.

Selain sekolah, Indonesia juga memberikan bantuan kesehatan, dimana Perwakilan Umat Buddha Indonesia atau Walubi, sedang berencana untuk membangun rumah sakit di negara bagian Rakhine.

“Dalam bidang pendidikan pun Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas guru di Myanmar. Disamping masalah pendidikan dan kesehatan, bantuan Indonesia juga akan ditingkatkan pada masalah kapasitas ekonomi,” tukasnya, seperti diberitakan Sindonews.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: