Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Penyaluran Bantuan Pangan Untuk Warga Suriah Terhenti Akibat ISIS

Penyaluran Bantuan Pangan Untuk Warga Suriah Terhenti Akibat ISIS

Sketsanews.com ,Damaskus – Bantuan kemanusiaan untuk kota Deir Ezzor, Suriah terhenti akibat pertempuran sengit kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dengan pasukan pemerintah. Sedikitnya 100 ribu warga sipil terjebak di kota yang sebagian besar dikuasai ISIS itu.

Sejak tahun 2015, ISIS mengepung kota Deir Ezzor dan menguasai sebagian besar wilayah kota yang ada di bagian timur Suriah itu. Pada Sabtu (14/1) waktu setempat, ISIS melancarkan serangan di wilayah yang masih dikuasai pasukan pemerintah Suriah. Serangan itu memicu bentrokan yang terus berlanjut hingga Selasa (17/1) dan dilaporkan menewaskan lebih dari 100 orang.

“Kami harus menghentikan sementara operasi penerjunan (bantuan kemanusiaan) via udara di Deir Ezzor karena alasan keamanan operasional,” terang juru bicara World Food Programme (WFP), Bettina Luescher, seperti dilansir AFP, Rabu (18/1/2017).

“Sedang terjadi pertempuran sengit di zona pendaratan (bantuan kemanusiaan) dan sekitarnya… Sungguh berbahaya untuk melakukannya (penyaluran bantuan) sekarang,” imbuhnya di Jenewa, Swiss.

WFP telah melakukan pengiriman bantuan kemanusiaan via udara ke Deir Ezzor sejak April 2016 lalu. Area Deir Ezzor yang masih dikuasai pemerintah Suriah menjadi satu-satunya lokasi bagi WFP mendapat izin untuk menerjunkan bantuan kemanusiaan via udara.

Dituturkan Luescher, WFP terakhir kalinya menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Deir Ezzor pada Minggu (15/1) waktu setempat. Sedikitnya 3.300 ton bantuan pangan dan bantuan lainnya telah disalurkan sejak penyaluran bantuan dimulai tahun lalu.

Serangan yang dilancarkan ISIS ini berhasil membagi wilayah Deir Ezzor yang masih dikuasai pemerintah Suriah menjadi dua kubu, timur dan barat. Serangan ISIS ini juga memutus rute dari kota Deir Ezzor menuju bandara militer setempat. Pergerakan pemerintah Suriah dalam menyalurkan suplai dan mengerahkan pasukan tambahan pun terbatas.

Sejak ISIS mengepung kota Deir Ezzor, pemerintah Suriah berhasil menerbangkan suplai terbatas ke bandara militer setempat. WFP dan Rusia, sekutu Suriah, ikut menyalurkan bantuan kemanusiaan. Namun warga setempat tetap kekurangan pangan dan semakin menderita karena harga kebutuhan sehari-hari melonjak tajam, namun mereka tidak bisa keluar dari Deir Ezzor ,dikutip dari laman Detik.com .

(Eni)

%d blogger menyukai ini: