Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Ribuan Rumah Terendam

Ribuan Rumah Terendam

MI/ ABDUS SYUKUR

Sketsanews.com, Pasuruan – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah menyebabkan terjadinya kerusakan infrastruktur, banjir, dan longsor. Itu seperti Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang kembali direndam banjir. Warga di tiga kecamat­an, yakni Kecamatan Grati, Rejoso, dan Winongan, kembali harus berkubang dengan air. Padahal, sudah tiga hari ini warga di tiga wilayah itu bisa bernapas lega karena banjir sudah surut. Namun, Rabu (18/1), aliran air dari lereng Bromo kembali merendam ribuan rumah. Ada 5.000 keluarga yang rumahnya terendam banjir.

“Dalam dua minggu ini, air masuk ke rumah saya sudah enam kali. Terakhir sejak kemarin air kembali masuk dengan ketinggain 75 cm. Kalau di jalan, air sudah mencapai 1,5 meter,” kata Hadi Hidayat, warga Desa Kedawungkulon, Kecamatan Grati, Rabu (18/1) . Penyebab banjir ialah kawasan Gunung Bromo diguyur hujan lebat sejak Selasa (17/1) siang, mulai kaldera Bromo hingga timur laut. Akibatnya tiga kecamatan di sekitar Bromo terendam banjir.

Ketinggian air di sepanjang jalan yang menghubungkan antarkecamatan mencapai 90 cm sehingga aktivitas di sekitarnya lumpuh, termasuk SDN Kedawungkulon III yang terpaksa meliburkan kegiatan belajar mengajar. Banjir juga melanda Pasar Arjosari. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana mengatakan pihaknya telah mengirimkan bantuan makanan dan obat-obatan untuk 5.000 keluarga korban banjir.

Di Banyumas, Jawa Tengah, hujan deras mengakibatkan tanah ambles dan longsor. Panjang tanah yang ambles mencapai 10 meter dengan kedalaman hingga 0,5 meter, sedangkan tanah yang longsor ialah perbukitan dengan ke­tinggan 3 meter dan panjang 10 meter. “Tanah yang ambles dan longsor tersebut terjadi setelah hujan deras di wilayah itu,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Prasetyo Budi Widodo, sebagaimana dilansir dari MediaIndonesia.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: