Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Tekno-Sains Prototipe Mobil Terbang Milik Airbus Siap Meluncur

Prototipe Mobil Terbang Milik Airbus Siap Meluncur

Ads by Kiosked

Sketsanews.com, Munich – Grup Airbus berencana untuk melakukan uji coba prototipe mobil terbang tanpa awak sebagai jalan keluar untuk menghindari kemacetan di jalanan kota pada akhir tahun ini, kata kepala grup kedirgantaraan kemarin.

Airbus membentuk sebuah divisi yang disebut “Urban Air Mobility” untuk mengeksplorasi konsep-konsep kendaraan transportasi atau kendaraan bergaya helikopter yang dapat membawa banyak penumpang. Tujuannya adalah agar orang-orang bisa memesan kendaraan ini dengan menggunakan aplikasi, mirip dengan skema mobil saat ini.

“Seratus tahun lalu, transportasi perkotaan berjalan di bawah tanah, kini kami memiliki sarana transportasi berteknologi untuk bepergian melayang di atas tanah,” jelas CEO Airbus Tom Enders.

Dalam konferensi pers mengenai teknologi digital sambungan langsung jarak jauh di Munich, Airbus mampu menerbangkan model kendaraan demonstrasi untuk transportasi satu orang pada akhir tahun ini.

“Kami sedang berada di fase eksperimen, kami menguji perkembangan ini dengan sangat serius,” kata Tom, ia menambahkan bahwa Airbus mengakui teknologi semacam itu haruslah bersih untuk menghindari pencemaran bagi penduduk kota.

Dia mengatakan dengan menggunakan model transportasi udara juga mampu mengurangi biaya perencanaan infrastruktur kota. “Dengan terbang, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membangun jembatan dan jalan,” katanya, seperti dilansir dari rimanews.

Tom Enders mengatakan Airbus sebagai produsen helikopter komersial terbesar di dunia ingin berinvestasi untuk membuat teknologi yang paling mutakhir seperti kendaraan tanpa awak dan kecerdasan buatan sebagai pengantar terciptanya era mobil terbang.

“Jika kami mengabaikan perkembangan ini, kami akan terusir dari segmen penting bisnis,” imbuhnya.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: