Sketsa News
Home Berita Terkini, News Mendagri Siap Revisi UU Ormas

Mendagri Siap Revisi UU Ormas

Sketsanews.com ,JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, siap melakukan revisi UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Meski demikian, dirinya belum bisa menentukan waktu untuk merevisi UU tersebut.

Menurut Tjahjo, sejatinya Presiden Joko Widodo belum lama ini mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Dalam aturan itu, pendaftaran ormas akan lebih selektif.
“Soal nantinya DPR setelah UU Pemilu selesai terus mau disempurnakan kami terbuka,” ujar Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).

Ia menuturkan, saat ini banyak elemen masyarakat yang mendirikan ormas, namun banyak juga yang tidak terdaftar. Dalam undang-undang, menurutnya, memang membolehkan berserikat, namun harus tetap pada koridor hukum. Sehingga, ormas yang tidak terdaftar dan melanggar hukum tentu bakal ditindak.

“Nah, penertibannya ini yang belum jelas, apakah ormas yang belum terdaftar harus dibubarkan,” jelasnya.

Ormas yang sudah terdaftar dan berbuat masalah, lanjut Tjahjo, juga harus menghadapi jalur hukum yang harus ditempuh.

“Tahapannya panjang. Peringatan pertama, kedua, ketiga, kalau melanggar hukum lewat pengadilan. Ini loh prosesnya. Kalau memang mau disederhanakan ya harus direvisi tapi waktunya kita lihat. PP-nya baru sebulan,” pungkasnya ,seperti yang dikutip dari Okezone.com .

(Eni)

%d blogger menyukai ini: