Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Gedung Ikonik Iran Terbakar dan Runtuh, Puluhan Orang Terluka

Gedung Ikonik Iran Terbakar dan Runtuh, Puluhan Orang Terluka

Sketsanews.com ,TEHERAN – Sebuah bangunan bertingkat di Teheran, Iran, terbakar. Media milik Pemerintah Iran mengabarkan puluhan orang terjebak di dalam bangunan tersebut di tengah kobaran api. Petugas pemadam kebakaran pun masih berupaya menjinakkan si jago merah.

Seperti diwartakan ABC News, Kamis (19/1/2017), sedikitnya 38 orang terluka akibat kebakaran di Gedung Plasco yang ikonik tersebut. Terdapat pusat perbelanjaan besar di lantai dasar gedung. Polisi menutup beberapa ruas jalan di sekitar bangunan berlantai 17 itu.
Beberapa bagian bangunan runtuh di tengah upaya pemadam kebakaran menjinakkan api. Sisi samping bangunan runtuh terlebih dahulu. Para pemadam kebakaran yang berada di sisi samping hampir menjadi korban.

Juru Bicara Pemadam Kebakaran Teheran, Jalal Maleki, menuturkan pihaknya mengerahkan 10 tim untuk memadamkan api yang dilaporkan muncul sekira pukul 08.00 waktu setempat.

Gedung Plasco dibangun oleh pengusaha Iran berdarah Yahudi, Habib Elghanian, pada dekade 1960. Nama Plasco diberikan sesuai nama pabrik pembuatan plastik yang dimiliki Elghanian. Saat itu Gedung Plasco adalah bangunan tertinggi di Iran.

Sayangnya, Elghanian diadili atas dakwaan spionase dan dieksekusi mati pada 9 Mei 1979 usai Revolusi Iran. Pengadilan dan hukuman mati atas Elghanian membuat banyak anggota komunitas Yahudi di Iran melarikan diri ,seperti yang dilansir dari laman Okezone.com .

(Eni)

%d blogger menyukai ini: