Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Terseret Skandal Presiden Korsel, Pewaris Samsung Batal Ditahan

Terseret Skandal Presiden Korsel, Pewaris Samsung Batal Ditahan

 

Sketsanews.com ,SEOUL – Pewaris takhta perusahaan elektronik Samsung, Lee Jae-yong, dapat bernapas lega untuk sementara waktu. Sebab, Pengadilan Distrik Seoul menolak menerbitkan surat perintah penahanan atas pria berusia 48 tahun itu dalam skandal yang juga membelit Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye.

Lee Jae-yong harus menunggu selama 18 jam di tahanan sambil menunggu keputusan dari pengadilan. Kendati memiliki opsi untuk menahannya di kemudian waktu, tim penyidik gagal meyakinkan pengadilan bahwa jumlah uang yang dibayarkan Samsung kepada rekan dekat Park, Choi Soon-sil, berhubungan dengan Jae-yong.
“Setelah meninjau ulang konten dan proses investigasi sejauh ini, sulit untuk mengakui perlunya dan substansi penahanan pada tahap ini,” ujar seorang hakim pengadilan, seperti dimuat The Guardian, Kamis (19/1/2017). Keputusan pengadilan tersebut meninggalkan kekecewaan bagi tim penyidik. Akan tetapi, mereka berjanji tetap melakukan penyelidikan.

“Kami akan mempertimbangkan langkah-langkah yang diperlukan dan melanjutkan penyelidikan tanpa keraguan,” ujar juru bicara tim penyidik Lee Kyu-chul. Samsung sendiri lega setelah salah satu pemimpinnya itu tidak ditahan. Mereka mengapresiasi keputusan dari pihak pengadilan.

Keputusan pengadilan tersebut diprotes keras oleh oposisi pemerintah. Wali Kota Seoul, Park Won-soon, lewat Facebook terang-terangan menyebut keputusan tersebut tidak dapat diterima. Diwartakan Yonhap, Won-soon mengatakan bahwa menegakkan keadilan lewat proses hukum adalah suatu kewajiban.

Sebelumnya, Lee Jae-yong diperiksa terkait pembayaran dana sejumlah KRW30 miliar (setara Rp334 miliar) dari Samsung kepada yayasan milik Choi Soon-sil pada 2016. Samsung diketahui memiliki hubungan khusus dengan Choi dan putrinya Chung Yoo-ra yang ditahan di Denmark pada awal Januari. Perusahaan raksasa Korsel itu merupakan salah satu sponsor utama dalam karier berkuda Chung , seperti yang dikutip dari laman Okezone.com .

(Eni)

%d blogger menyukai ini: