Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Internasional, News Su-35 Kini Dilengkapi Rudal Paling Mematikan

Su-35 Kini Dilengkapi Rudal Paling Mematikan

Sketsanews.com, Jakarta – Beberapa waktu pesawat tempur F-18 Hornet Angkatan Udara AS berhasil memonitor pergerakan pesawat tempur Su-35 Rusia yang terlihat menggotong beberapa rudal udara-ke-udara lengkap dibawah sayapnya. Yang mengejutkan, selain rudal R-27, Su-35 juga terlihat menggotong rudal terbaru R-77-1.

R-77-1 adalah rudal beyond visual range air-to-air missile (BVRAAM) terbaru Rusia dengan jarak jangkau dan sistem pemandu yang lebih baik dari rudal medium Vympel R-77.

R-77-1 sendiri sudah lama sangat dinantikan kehadirannya oleh Angkatan Udara Rusia setelah selama ini hanya mengandalkan rudal R-77 ‘Adder’ dan R-27 ‘Alamo’ yang sudah usang untuk perang udara jarak jauh. Bahkan rudal R-77 jumlahnya sangat terbatas di arsenal Angkatan Udara dengan sebagian besar diantaranya sudah tidak laik pakai alias sudah expired.

Rudal R-77-1 memiliki jangkauan hingga 100 km dengan sistem panduan active radar hooming (Agat 9B-1248), lebih baik dari R-27 dengan semi-active radar hooming berjangkauan 80 km dan R-77 yang berjangkauan 90 km dengan sistem active radar hooming (Agat 9B-1348M).

Dikembangkan sejak tahun 2000 oleh perusahaan Tactical Missiles Corporation (KRTV), rudal BVR R-77-1 kadang disebut R-77 RVVSD atau Izdelie -170-1 pertama kali terkonfirmasi di uji tembakkan dari pesawat tempur Su-27SM3.

Meski mungkin rudal R-77-1 yang digotong Su-35 hanya sekedar ‘gertak sambal’ atau sekedar pamer kekuatan dan tidak mungkin digunakan dalam konfrontasi dengan musuh di Suriah namun kehadirannya jelas akan sangat menjadi perhatian pihak militer NATO dan AS.

seperti dikutip dari laman JakartaGreather, selama ini NATO dan AS masih menikmati keunggulan pertarungan jarak jauhnya dengan rudal BVRAAM Meteor dan AMRAAM, namun dengan kehadiran rudal R-77-1 sangat mungkin akan mengubah keseimbangan kekuatan rudal udara-ke-udara diluar jangkauan visual antara Rusia dan Barat.
(Im)

%d blogger menyukai ini: