Sketsa News
Home Berita Terkini, News Pupuk Indonesia Siapkan Stok Melebihi Ketentuan

Pupuk Indonesia Siapkan Stok Melebihi Ketentuan

 

Sketsanews.com,  – Pupuk Indonesia menyiapkan stok pupuk melebihi ketentuan yang diberikan Kementerian Pertanian (Kementan).

Tujuannya, agar pendistribusiannya ke kios-kios resmi penjual pupuk bersubsidi bisa dilakukan dengan segera, bila sewaktu-waktu terjadi lonjakan permintaan petani.

Sementara untuk menjamin distribusi pupuk urea bersubsidi dan mencegah terjadinya penyimpangan penyaluran di lapangan, pemerintah menerapkan sistem Distribusi Pupuk Bersubsidi secara tertutup dengan mempergunakan sistem distribusi dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Untuk bisa memperoleh pupuk bersubsidi petani harus tergabung dengan kelompok tani dan menyusun RDKK. Sehingga mendapatkan jatah pupuk bersubsidi dan menebus pupuk di kios resmi serta melaporkan apabila ada penyalahgunaan pupuk bersubsidi,” ujar Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat.

Untuk memperlancar distribusi, kata Aas, Pupuk Indonesia didukung kapal laut dan armada truk yang cukup dan siap untuk melayani pendistribusian ke seluruh Indonesia, serta memiliki 561 gudang yang mampu menampung kebutuhan di daerah-daerah.

Sedangkan untuk pemasarannya, saat ini Pupuk Indonesia memiliki 1.110 distributor dan 29.119 kios resmi di seluruh Indonesia.

Kios ini diharuskan menyediakan semua pupuk bersubsidi seperti Urea, NPK, SP-36, ZA, dan organik.

“Untuk kelancaran proses pendistribusian, kami akan terus berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait, khususnya untuk melakukan perhitungan kebutuhan pupuk sehingga pendistribusian pupuk bersubsidi ini bisa memenuhi kaidah 6 tepat yaitu tepat waktu, jenis, lokasi, jumlah, mutu dan harga,”Jpnn.

(Tb)

%d blogger menyukai ini: