Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Internasional, News, Politik Myanmar Tuding Malaysia Gunakan Isu Rohingnya untuk Galang Dukungan

Myanmar Tuding Malaysia Gunakan Isu Rohingnya untuk Galang Dukungan

Sketsanews.com, Yangon – Pemerintah Myanmar melemparkan kecaman terhadap pemerintah Malaysia karena terus menekan mereka terkait dengan situasi di Rakhine State. Teraktual, Malaysia mendesak dilakukannya pertemuan negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk membahas masalah ini. Pertemuan itu berlangsung pada pertengahan pekan kemarin.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh hampir seluruh anggota OKI itu, dikeluarkan seruan pada Myanmar untuk mengakhiri “kekejaman yang tak terkatakan” oleh militer Myanmar terhadap komunitas Rohingya.

Kementerian Luar Negeri Myanmar mengatakan, Malaysia tidak sepenuhnya tulus untuk mengurusi masalah Rohingnya. Menurut Yangon, isu Rohingnya digunakan oleh penguasa Malaysia saat ini untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat.

“Sangat disesalkan, Malaysia telah menyerukan diadakannya pertemuan tersebut, Kuala Lumpur mengeksploitasi krisis untuk mempromosikan agenda politik tertentu dan mengabaikan upaya pemerintah (Myanmar) untuk mengatasi hal itu,” kata kementerian itu.

“Pemerintah (Myanmar) telah berusaha untuk memastikan keselamatan dan dan menjamin keamanan masyarakat dari serangan kekerasan yang dilakukan ekstrimis,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Sabtu (21/1).

Seperti diberitakan di Sindonews, Myanmar sendiri sejatinya lebih terbuka terhadap Indonesia dibanding dengan Malaysia, terkait dengan isu Rohingnya. Ini terbukti dengan kerap berlangsungnya pertemuan antara pejabat Indonesia dan Myanmar untuk membahas masalah ini secara langsung.
(Im)

%d blogger menyukai ini: