Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Jembatan Ngebruk yang Hubungkan Kendal dan Semarang Putus

Jembatan Ngebruk yang Hubungkan Kendal dan Semarang Putus

Sketsanews.com-KENDAL Jembatan Kali Ngebruk di Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, yang menghubungkan Kabupaten Kendal dan Kota Semaang, Jawa Tengah, putus, Minggu (22/1).Jembatan itu putus karena tidak kuat menahan beban truk bermuatan pasir yang melintas.

Akibatnya, warga dari Semarang yang mau ke Kendal atau sebaliknya, harus memutar arah hingga 15 kilometer bila melewati jalur tersebut. Sebab, mereka harus melewati jalur kota.

Menurut salah satu warga Darupono, Parsudi (60), jembatan putus karena tidak kuat menahan truk bermuatan pasir yang melaju dari arah barat.

Parsudi mengatakan, jembatan itu dibangun puluhan tahun dan belum pernah diperbaiki.

”Kejadiannya tadi pagi, saat ada truk muat pasir melintas. Tiba-tiba jembatan putus dan masuk ke kali. Truk muat pasir juga ikut terperosok. Untungnya, ketinggian jembatan tidak lebih dari dua meter sehingga truk bisa dievakuasi menggunakan dua mobil derek,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo, mengatakan bahwa kondisi jembatan Ngebruk memang sudah mengkhawatirkan

Pemerintah Kabupaten sebenarnya sudah menganggarkan perbaikan melalui APBD 2017 bersamaan dengan jembatan Kaliputih di Desa Kaliputih, Kecamatan Singorojo, Kendal, yang beberapa hari lalu juga putus.

Diharapkan, pada Februari sudah dilakukan proses lelang dan Maret pekerjaan fisik bisa dimulai.

”Sebagai antisipasi agar tidak mengganggu akses warga, akan dibuatkan jembatan darurat yang bisa dilalui sepeda motor,” kata dia.(Ags)

%d blogger menyukai ini: