Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Peringatan Tsunami Gempa 7,9 SR di Papua Nugini Dicabut

Peringatan Tsunami Gempa 7,9 SR di Papua Nugini Dicabut

Sketsanews.com,Papua Nugini – Gempa bumi 7,9 Skala Richter (SR) mengguncang Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Peringatan mengenai kemungkinan tsunami untuk negara di sekitarnya telah dicabut.

Dilansir dari AFP, Minggu (22/1/2017), gempa itu terjadi pukul 15.30 waktu setempat. US Geological Survey (USGS) mengatakan lokasi gempa tersebut berada di 40 kilometer (25 mil) di sebelah barat Panguna, Papua Nugini dengan kedalaman 153 kilometer.

Penilaian awal menyebutkan sempat ada kemungkinan kerusakan ringan dan sedang di Pulau Bougainville, Papua Nugini. Goncangan gempa direvisi menurun dari 8.0 SR ke 7.9 SR.

The Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengatakan ada kemungkinan terjadi gelombang antara 0,3 sampai 1 meter di atas permukaan laut untuk daerah pesisir Papua Nugini dan negara tetangganya Kepulauan Solomon. Pernyataan PTWC satu jam sebelumnya yang menyebutkan ancaman tsunami telah dicabut.

“Meski kedalaman gempa 150 kilometer, karena hal itu merupakan salah satu gempa bumi besar, gempa itu akan mengakibatkan guncangan di permukaan,” ujar seismolog Geoscience Australia Spiro Spiliopoulos.

Direktur Save The Children Wilayah Papua Nugini Jennifer El-Sibai yang berada di Pulau Buka Papua Nugini mendeskripsikan gempa itu sangat kuat. Dia menyebut tidak ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut.

Gempa bumi biasa terjadi di dekat Papua nugini, yang terletak di 4.000 Kilometer di lempeng Pasifik Australia. Lempengan itu membentuk “Ring of Fire” atau cincin api sebuah titik panas untuk aktivitas seismik ketika terjadi gesekan antara lempeng tektonik dikutip dari.detik.com.

(As)

%d blogger menyukai ini: