Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Trump Tarik AS dari Kemitraan Trans Pasifik, Pemerintah RI Santai

Trump Tarik AS dari Kemitraan Trans Pasifik, Pemerintah RI Santai

Sketsanews.com, Jakarta – Presiden Amerika Serikat Donald Trump merealisasikan janjinya menarik diri dari keanggotaan perjanjian perdagangan Kemitraan Trans Pasifik (Trans Pacific Partnership/TPP).

Keputusan Trump itu ditanggapi santai oleh pemerintah. Sebab kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Indonesia belum menjadi anggota kemitraan Trans Pasifik tersebut.

“Kita kan belum anggota TPP. Dari dulu juga Indonesia cuma bilang kita bermaksud,” ujar Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Selasa (24/1/2017).

“Kalau TPP jadi ya kita bilang, kita lagi studi. Ya (kalau) enggak jadi, ya sudah,” sambungnya sembari tertawa.

Bahkan tutur Darmin, pemerintah belum menyiapkan apapun terkait rencana bergabung dengan TPP. Kondisi itu menurutnya jauh bila dibandingkan persiapan yang dilakukan Singapura dan Vietnam. “Enggak ada, kami belum siapin apa-apa,” kata Darmin.

Pada 26 Oktober 2015 lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan secara resmi bahwa Indonesia berniat bergabung pada Trans Pacific Partnership (TPP).

Pernyataan itu disampaikan saat ia bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Gedung Putih, AS. Rencana Presiden itu lantas menuai pro kontra di dalam negeri sebab Indonesia belum memiliki kajian menyeluruh tentang rencana tersebut.
(Ro)

%d blogger menyukai ini: