Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Obama Gelontorkan Dana Rp 3 Triliun Untuk Palestina Sesaat Sebelum Lengser

Obama Gelontorkan Dana Rp 3 Triliun Untuk Palestina Sesaat Sebelum Lengser

Sketsanews.com, Washington – Sebelum lengser, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama kabarnya sempat menyumbang Rp 3 triliun untuk Palestina.

Tepat beberapa jam sebelum Obama menutup pemerintahannya, dana jutaan dolar Amerika Serikat diberikan kepada otoritas Palestina, Jumat (20/1/2017).

Keputusan pemberian dana itu sempat secara formal disampaikan kepada Kongres Amerika serikat, beberapa jam sebelum Donald Trump dilantik sebagai presiden.

Langkah terakhir Obama yang disampaikan oleh mantan Sekretaris Pers Gedung Putih John Kerry itu segera mendapat approve dari Kongres Amerika Serikat.

Dana sebesar Rp 3 triliun itu disumbangkan untuk biaya bantuan kemanusiaan di wilayah-wilayah seperti Gaza dan Tepi Barat.

Selain itu, dana terbesar yang dikeluarkan Obama di akhir pemerintahannya itu juga dialokasikan untuk mendukung reformasi politik di sana.

Tak hanya untuk Palestina, Obama juga menggelontorkan dana untuk pendanaan program penanganan perubahan iklim dan badan-badan PBB.

Untuk pendanaan program penanganan perubahan iklim diberikan Rp 53,3 miliar, sedangkan untuk sumbangan kepada badan-badan PBB Rp 17 miliar.

Dana yang digelontorkan tersebut merupakan sisa kelebihan dana yang dialokasikan untuk sektor hubungan luar negeri masa pemerintahan Obama, seperti yang dikutip dari Tribun. (Eni)

%d blogger menyukai ini: