Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Sandiaga Ajak Perusahaan Dunia Berbasis Syariah Pindah Kantor ke Jakarta

Sandiaga Ajak Perusahaan Dunia Berbasis Syariah Pindah Kantor ke Jakarta

Sketsanews.com, Jakarta – Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Sandiaga Uno, berjanji akan memberikan insentif untuk perusahaan-perusahaan dunia berbasis syariah yang memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta.

Hal itu akan dilakukannya jika ia nantinya terpilih menjadi wakil gubernur DKI periode 2017-2022.

“Akan ada insentif untuk perusahaan yang memindahkan headquarter-nya dari Doha, Dubai, Kuala Lumpur, atau bahkan Hongkong ke Jakarta. Insentif khusus baik untuk perizinan, tax ataupun kemampuan untuk mengakses pasar,” kata Sandi saat menjadi pembicara diskusi bertema “Jakarta Sebagai Pusat Keuangan Syariah”, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dikutip dari KOMPAS.com, Rabu (25/1/2017).

Pada diskusi tersebut, pengamat ekonomi syariah, Adiwarman Karim, menyebut, saat ini jumlah nasabah perbankan, reksa dana, pegadaian, hingga asuransi berbasis syariah di Indonesia sudah mencapai 40 juta orang. (Baca: Sandiaga: Saya Jadi Bahan Tertawaan karena Konsep Pariwisata Syariah)

Ia menyebut jumlah tersebut lebih besar ketimbang gabungan populasi Malayasia, Singapura, Brunei, dan Uni Emirat Arab. Dengan demikian, kata Adi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mendorong agar Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi syariah dunia.

Mengacu pada pemaparan Adi itulah, Sandi menilai perusahaan-perusahaan dunia berbasis syariah juga sudah seharusnya menjadikan Jakarta sebagai pusat kegiatannya. Ia yakin idenya akan terealisasi dengan pemberian insentif.

“Kalau di Dubai, mereka dikasih zero tax. Mestinya, kita tawarin juga. Ini kewenangannya ada di pemerintah pusat. Namun, apa pun yang bisa diberikan oleh Pemprov DKI, tentu kita berikan,” ujar Sandi.
(Ro)

%d blogger menyukai ini: