Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Nyeri Menjelang Haid, Atasi dengan Makanan Berikut

Nyeri Menjelang Haid, Atasi dengan Makanan Berikut

foto: Ilustrasi

Sketsanews.com, Jakarta – Sindrom pramenstruasi (PMS) sering dialami oleh banyak wanita. Tanda-tandanya antara lain suasana hati yang naik turun atau rasa sakit di daerah perut.

Menurut pakar kesehatan Linda Booth, beberapa makanan bisa membantu meringankan gejala PMS. Apa saja makanan tersebut ?

#Alpukat
Mengandung lemak sehat, serat, magnesium, potasium, dan vitamin B6 yang membantu mengurangi nyeri.

#Sayuran hijau
Makanan kaya magnesium seperti bayam dan kale membantu mencegah nyeri akibat kejang-kejang di rahim dan usus. Magnesium adalah penghilang rasa sakit alami dengan cara meredakan ketegangan di pembuluh darah dan otot.

#Nasi merah
Santap nasi merah untuk membantu pencernaan dan membuang racun agar tidak ada yang tersisa kemudian beredar lagi di seluruh tubuh.

#Cokelat hitam
Jika ingin mengunyah cokelat menjelang menstruasi, pilihlah cokelat hitam, yang mengandung minimal 65 persen kakao asli dengan kandungan magnesium untuk sumber energi dan endorfin untuk meningkatkan suasana hati.

#Makanan fermentasi
Perut kembung, gas yang membuat usus sakit, diare, dan sembelit diakibatkan fluktuasi hormon selama menstruasi, bisa juga indikasi bahwa ada ketidakseimbangan bakteri di usus. Makanan fermentasi seperti kimchi bisa membantu.

#Seledri
Seledri kaya kan air sehingga bagus untuk camilan. Seledri juga baik untuk membuat tubuh terhidrasi, melancarkan pencernaan, dan mencegah rasa kembung selama menstruasi.

#Nanas
Atasi nyeri perut dengan makan nanas. Buah ini mengandung bromelain, enzim yang membantu otot tetap rileks.

#Protein tinggi
Makanan yang mengandung vitamin B6 terbukti bisa mengurangi nyeri haid, seperti salmon dan dada ayam.

#Jus semangka
Minum jus dari buah dan sayuran yang punya kadar air tinggi dapat mengurangi kembung sebelum menstruasi. Atau coba jadikan biji semangka sebagai camilan karena biji buah itu kaya serat, magnesium, dan potasium.

#Kacang merah
Banyak perempuan kekurangan zat besi selama haid karena terbuang bersama darah menstruasi. Karena itu, makanlah kacang merah yang kaya zat besi, serat, vitamin C, dan protein.

#Yogurt Yunani
Perempuan yang tubuhnya kaya kalsium dan vitamin D punya risiko lebih kecil mengalami gejala PMS. Mengkonsumsi produk susu ini tiga kali sehari sungguh membantu. Yogurt Yunani penuh kalsium dan vitamin D, juga kadar protein tertinggi dari semua produk susu, dilansir dari tempo.co

(Fya)

%d blogger menyukai ini: