Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Soal Fakta Kebangkitan PKI, Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan Lecehkan Menteri Pertahanan

Soal Fakta Kebangkitan PKI, Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan Lecehkan Menteri Pertahanan

Kapolda Metro Jaya M. Iriawan

Sketsanews.com, Jakarta – Bantahan Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan atas dugaan logo palu arit di uang RI serta fakta kebangkitan PKI, perlu mempertimbangkan masukan dari Menteri Pertahanan, Intelijen TNI serta mantan Jenderal TNI terkait.

Mengingat ihwal palu arit di uang RI yang dipersoalan oleh Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab (HRS) serta indikasi kebangkitan PKI adalah dua masalah yang saling berkaitan.

Tegasnya kalau tidak ada fakta tentang indikasi kebangkitan PKI maka tidak akan memicu kecurigaan atas dugaan lambang palu arit pada sejumlah uang RI.

Mengutip pernyataan Irjen Iriawan kepada pers bahwa: “Faktanya kan tidak ada, udah tidak ada PKI, tidak ada, bagaimana bisa bangkit, kita tahu juga embrio kalau ada,” Selasa (24/1/2017).

Klaim Irjen Iriawan bertolak belakang bahkan dinilai melecehkan temuan fakta yang dibeberkan oleh Menhan Ryamizard Ryacudu kepada publik.

Seperti dilansir Republika Online, Kamis 02 Juni 2016, Ryamizard mengatakan pihaknya memiliki hasil intelijen TNI yang menunjukkan kebangkitan PKI dan memiliki fakta-fakta yang lengkap akan indikasi tersebut.

“Kita kan Angkatan Darat, kita kan lengkap fakta-fakta segala macam. Coba lihat pakai baju kaus palu arit, pawai-pawai bubarkan teritorial, nginjek-nginjek patung revolusi, itu kan kelihatan menunjukkan diri. Artinya, tidak boleh,” ujar Ryamizard.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu

Bisa jadi Menhan dan intelijen TNI juga telah memiliki fakta tentang persoalan palu arit di uang RI serta dugaan penyusupan PKI di sejumlah lembaga negara, seperti BI.

Kecurigaan tersebut merujuk pada pernyataan mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayor Jenderal purnawirawan Kivlan Zen.

Menurutnya “Berbagai lembaga negara dan organisasi masyarakat sudah disusupi oleh tokoh-tokoh PKI. Begitu pula dengan media massa yang dinilainya selalu mengangkat kembali isu PKI.” (tempo/23/5/2016).

Penjelasan Menhan dan Jenderal (Purn) TNI AD, Kivlan Zen, maka Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan tidak boleh tergesa-gesa mengklaim bahwa tidak ada indikasi kebangkitan PKI.

Tapi pro-kotra lambang palu arit di uang RI yang disuarakan oleh Habib Rizieq, harus diselidiki secara mendalam dan serius dengan melibatkan Menhan, intelijen TNI dan pihak lainnya.

Dikutip dari PilarBangsa, jangan hanya berdalih atas dasar konfirmasi pada BI, yang disinyalir sebagai target mengkriminalisasi Habib Rizieq. Apalagi berupaya menafikan fakta-fakta kebangkitan PKI yang belakangan ini kian memicu kekhawatiran masyarakat luas.

Faizal Assegaf
Ketua Progres 98

(Wis)

%d blogger menyukai ini: