Sketsa News
Home Berita, Hankam, News Pjs Kades Diduga Gunakan Dana Rp 200 Juta

Pjs Kades Diduga Gunakan Dana Rp 200 Juta

Perangkat Desa Lembursawah

Sketsanews.com, Sukabumi – Sekitar Rp200 juta lebih dana alokasi desa (DAD) Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diduga digunakan Pjs Kepala Desa (Kades) berinisial MF.

Kasi Trantib Kecamatan Cantayan yang menjabat sejak Maret 2016 lalu hingga batas waktu komitmen penggantian DAD Rabu (25/1/2016), sekira pukul 16.00 WIB, tidak juga melunasinya. Padahal, dana itu sangat dibutuhkan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat.

Dugaan penyelewengan tersebut ketika Desa Lembursawah menerima DAD tahap pertama sebesar Rp400 juta lebih pada Juli 2016 lalu. Namun, pada September baru terungkap ketika im pelaksana kegiatan desa (TPKD) meminta anggaran untuk sejumlah kegiatan.

“Pembangunan desa menjadi terhambat akibat DAD ini sebagian terpakai. Hari ini memang batas waktu penggantian. Tapi sampai batas waktu belum ada informasi,” cetus Sekretaris Desa, Endin Ruswandi.

Dijelaskan Endin, DAD bersumber dari APBN baru 40 persen diterima desanya. Akibat ulah Pjs kades, sisa DAD dan anggaran lainnya menjadi macet.

“Pihak kecamatan dan BPMPD sudah mengetahui persoalan ini. Kami akan laporkan juga kalau sampai sekarang belum ada penggantian. Silakan nantinya mau proses hukum atau apa, tergantung dari pihak-pihak terkait. Kami, perangkat desa tidak ikut terlibat mengenai penggunaan uang itu,” tandasnya. Poskotanews.com.
(Ip)

%d blogger menyukai ini: