Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Internasional, News 7 Negara Ini Tidak Mewajibkan Rakyatnya Membayar Pajak

7 Negara Ini Tidak Mewajibkan Rakyatnya Membayar Pajak

Qatar menjadi negara pertama yang tidak diwajibkan membayar pajak

Sketsanews.com, Qatar – Membayar pajak adalah suatu kewajiban yang harus ditaati seluruh penduduk dalam suatu negara. Uang hasil pajak ini akan masuk sebagai kas negara yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat.

Sayangnya pajak seolah menjadi momok bagi beberapa orang (biasanya datang dari kalangan kelas menengah atas). Karena tak ingin membayar pajak yang cukup tinggi atas kekayaan yang dimiliki, mereka sampai melakukan suap kesana kemari.

Dilansir dari Viva, jika anda berpikiran bahwa pajak termasuk hal yang memberatkan, mungkin beberapa negara berikut ini cocok untuk anda tinggali. Pasalnya di negara ini tidak mewajibkan masyarakatnya membayar pajak.

1. Qatar
Sebenarnya tidak perlu heran apabila Qatar menjadi negara pertama yang ada di urutan ini. Salah satu negara timur tengah ini tidak mewajibkan rakyatnya membayar pajak. Pasalnya Qatar termasuk dalam salah satu negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia.

Hal ini berkat cadangan minyak bumi dan gas yang melimpah. Selain itu, kebijaksanaan pemerintah dalam mengolah sumber daya alam secara maksimal membuat Qatar memiliki kas negara yang cukup untuk mengganti pajak.

2. Uni Emirat Arab
Masih dari rumpun yang sama dengan Qatar, kali ini ada negara Uni Emirat Arab. Sama halnya seperti Qatar, UEA berhasil memaksimalkan sumber minyak bumi. Menariknya lagi, masyarakat disini tidak mengenal istilah pajak karena memang tidak diwajibkan membayar pajak. Masyarakat disini berhak menggunakan penghasilannya sesuka hati tanpa terpotong pajak.

3. Arab Saudi
Negara yang setiap tahun dibanjiri umat Islam untuk menunaikan ibadah haji ini juga tidak menarik pajak bagi penduduknya. Namun pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan pembayaran jaminan sosial dan keuntungan modal.

4. Bahrain
Aturan yang diberlakukan Bahrain nyaris sama seperti Arab Saudi. Pemerintah tidak memungut pajak dari penduduknya. Namun setiap kepala keluarga wajib membayar 7 persen dari penghasilannya untuk jaminan sosial. Selain itu ada lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk sewa rumah dan biaya material pada transaksi properti.

5. Kepulauan Cayman
Dari seluruh negara yang ada di daftar ini, mungkin negara Kepulauan Cayman yang masih asing di telinga. Negara ini termasuk dalam wilayah Britania Raya. Pendapatan terbesar negara ini berasal dari lautnya dan wisatanya. Sebagaimana yang diketahui, Kepulauan Cayman menjadi tempat favorit bagi kaum jetset untuk liburan.

Meski tidak ada biaya pajak atau pun jaminan sosial, tetapi penduduk disini tetap wajib membayar apabila melakukan transaksi barang antar negara. Biasanya transaksi barang impor dikenai biaya 25 persen.

6. Hongkong
Tidak ada aturan resmi yang menyatakan penduduk Hongkong untuk membayar pajak. Tetapi bukan berarti anda bisa seenaknya menggunakan pendapatan yang anda miliki. Tetap ada biaya khusus untuk gaji yang diterima, laba usaha, dan pendapatan sewa.

7. Monaco
Negara kerajaan ini juga tidak mewajibkan penduduknya membayar pajak. Tetapi lain halnya jika anda orang Prancis yang menetap disini atau memiliki kekayaan harta warisan. Inilah yang menjadi alasan mengapa Monaco menjadi tujuan menarik atau rumah untuk miliarder.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: