Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News Jokowi: Uang KIP Jangan untuk Beli Pulsa HP

Jokowi: Uang KIP Jangan untuk Beli Pulsa HP

Jokowi

Sketsanews.com, Jakarta — Presiden Joko Widodo memberikan secara simbolis Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 2.844 siswa yang berada di sekitar Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Dalam kesempatan itu, Presiden meminta agar uang yang diberikan pemerintah ini bisa digunakan untuk hal bermanfaat dalam menunjang sekolah.

Menurut dia, uang ini harus dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan sekolah. Semisal untuk pembelian sepatu sekolah, buku pelajaran, dan pembelian seragam.

Uang ini juga bisa dipakai untuk membayar biaya sekolah. “Tapi jangan untuk beli pulsa. Ingat yah anak-anak. Jangan sampai uang yang diambil dari kartu ini untuk beli pulsa. Kalau saya tahu, kartunya saya cabut,” kata Jokowi dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (26/1).

Ia menjelaskan, terdapat perbedaan dalam nilai uang yang diberikan kepada siswa di tingkat SD-SMA/SMK.‎ Untuk siswa SD Rp 450 ribu, SMP Rp 75 ribu, dan SMA/SMK mencapai Rp 1 juta.

Dana ini bisa diambil sebagian atau seluruhnya di bank yang telah ditunjuk, yakni BRI dan BNI. “Jadi ini (uang KIP) harus dipakai untuk hal-hal berkaitan dengan sekolah atau pendidikan,” ujar Jokowi.

‎Dalam pemberian KIP secara simbolis ini, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga kembali membagikan beberapa sepeda kepada siswa SD dan SMP. Terdapat tiga sepeda yang diberikan kepada siswa SD dan empat sepeda untuk siswa SMP.

Sebagaimana dilansir Republika, sebelum mendapatkan sepeda, masing-masing siswa diberikan pertanyaan berbeda-beda. Siswa SD diberikan pertanyaan seputar penjumlahan dan perkalian.

Sedangkan dua siswa SMP diminta menyebutkan tiga provinsi yang ada di Indonesia. Dua orang lainnya diminta untuk membacakan Pancasila.

(Ad).

 

 

 

 

 

%d blogger menyukai ini: