Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Dua PNS Dishub Purwakarta Ditangkap Tim Saber Pungli

Dua PNS Dishub Purwakarta Ditangkap Tim Saber Pungli

Dok: Tim saber pungli geledah meja PNS penerima pungli. Foto: Tribratanews

Sketsanews.com, Purwakarta – Dua orang Pegawai Negri Sipil (PNS) tertangkap tangan sedang melakukan pungutan liar oleh Tim Sapu Bersih pungutan liar (Saber Pungli) Kabupaten Purwakarta di kantor Dinas Perhubungan Purwakarta, Jalan Veteran Nomor 1, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, kemarin.

Kedua oknum PNS tersebut berinisial HDM (40) dan DS (46). HDM sehari harinya ia bertindak sebagai penguji penyelia di kantor Dishub Purwakarta, sedangkan DS bertindak selaku pemungut retribusi pengujian di kantor Dinas Perhubungan Purwakarta.

Selain mengamankan dua orang oknum PNS, Tim Saber Pungli juga mengamankan dua rekan oknum PNS tersebut, mereka adalah ID (37) dan DM (57).

Keempat pelaku yang diamankan diduga telah melakukan pungli terhadap pengurusan penerbitan kartu uji berkala kendaraan bermotor (KIR), dimana dalam operasi tangkap tangan tim saber pungli tersebut menemukan 46 buku KIR, dengan rincian sebanyak 28 buku KIR dihadirkan unitnya saat pengurusan dan 18 unit lainnya diurus tanpa mengahadirkan unitnya serta memungut biaya melebihi tarif retribusi sesuai Perda Kabupaten Purwakarta nomor 5 tahun 2012 tentang retribusi kendaraan bermotor.

Penangkapan tersebut dikuatkan dengan beberapa barang bukti yang berhasil disita petugas Tim Saber Pungli, diantaranya 1 buku rekap pengujian kendaraan baru, 1 buku pendaftaran kendaraan yang diuji, 18 berkas permohonan uji kir tanpa diuji, 28 berkas permohonan uji kir yang di uji, uang tunai Rp 1.670.000 (penerimaan retribusi), 1 buku kir (yang tidak diuji) atas nama Nugraha Ramadan, uang tunai Rp 300 ribu (uang yang diminta petugas uji tanpa dilakukan pengujian/melebihi tarif retribusi).

Kapolres Purwakarta, AKBP Hanny Hidayat mengatakan, saat ini keempat terduga pelaku Pungli tersebut serta barang bukti yang berhasil disita telah diamankan di Mapolres Purwakarta untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Iya keempatnya telah kita amankan di Mapolres untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Hanny Hidayat, seperti dikutip dari Rimanews.

(Wis)

%d blogger menyukai ini: