Sketsa News
Home Berita Terkini, News Pergoki Kapal Pengangkut Monza, Petugas Bea Cukai Diserang 50 ABK dengan Molotov

Pergoki Kapal Pengangkut Monza, Petugas Bea Cukai Diserang 50 ABK dengan Molotov

Sketsanews.com –  Petugas Bea Cukai Sumatera Utara (Sumut) diserang dengan bom molotov oleh 50 anak buah kapal (ABK) dari atas kapal motor (KM) Nur Aflah di perairan Tanjung Jumpul, Asahan, Sabtu (28/1) pukul 03.30 WIB. Petugas Bea Cukai diserang saat memergoki KM Nur Aflah yang diduga membawa 700 bal (karung) pakaian bekas (monza) dari Malaysia.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (Kabid P2) Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumut, Rizal, mengungkapkan, kejadian tersebut berawak saat Kapal BC 10002 Tanjung Balai Karimun sedang patroli rutin di perairan Tanjung Jumpul Asahan. Pada koordinat 03-10-18 U/99-58-24 T, patroli Bea Cukai memergoki KM Nur Aflah GT 22 sarat muatan diperkirakan mengangkut 700 karung pakaian bekas asal Malaysia serta ABK yang mencapai 50 orang.

Petugas Bea Cukai mendata 50 ABK KM Nur Aflah yang berusaha melarikan diri setelah membakar kapal yang mengangkut 700 ballpress pakaian bekas asal Malaysia di perairan Tanjung Jumpul Asahan, Sabtu (28/1) dini hari.Koran SINDO/Haris Dasril

Rizal menuturkan, ketika kapal patroli Bea Cukai mendekat, puluhan orang dari atas KM Nur Aflah menyerang dengan melemparkan bom molotov dan mercon. Petugas pun memilih menjauh dan tetap menjaga jarak dengan KM Nur Aflah.

Setelah bertahan selama 1,5 jam, petugas Bea Cukai berusaha mengamankan kapal. Namun, para ABK KM Nur Aflah membakar kapal berisi 700 karung monza dan kabur dengan melompat ke laut.

“Semua ABK berhasil diamankan dinaikan ke kapal patroli. Sedangkan kapal dengan muatan sekitar 700 ballprees pakaian bekas hangus terbakar,” kata Rizal, melansir dari Sindo.

Kapal Motor Nur Aflah yang mengangkut 700 bal pakaian bekas terbakar.Koran SINDO/Haris Dasril.

Sehari sebelumnya, Kapal Patroli Bea Cukai Sumut, VC 15031 juga menyita 570 karung pakaian bekas dari Malaysia di perairan Tanjung Jumpul Asahan, Jumat 27 Januari 2017. Sebanyak 7 ABK dan Kapal Motor (KM) Daun Mas GT 34 No 2040 PPB diamankan di Pangkalan Kanwil Bea Cukai Belawan.

Anggota Komisi E DPRD Sumut, Syamsul Qadri Marpaung  mengapresiasi kinerja Bea Cukai Sumut. Dia berharap, pihak terkait meningkatkan koordinasi dengan Bea Cukai. “Kalau koordinasi baik, dengan mengelar operasi rutin bersama, penyergapan kemarin pasti bisa diatasi dan dihadapi,” pungkasnya.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: