Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Sempat Tertunda, Akhirnya Tol Padang-Pekanbaru Segera Dibangun

Sempat Tertunda, Akhirnya Tol Padang-Pekanbaru Segera Dibangun

Sketsanews.com, Pekanbaru – Jalan Tol Padang-Pekanbaru akhirnya menemui titik terang setelah Asian Infrastructure Invesment Bank (AIIB) mendanai pembangunan ini sebesar Rp5 triliun. Sebelumnya, pembangunan ini tertunda akibat belum adanya investor.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan Tol Padang-Pekanbaru memiliki panjang 1.415 km. Jalan ini termasuk ke dalam jalur Trans Sumatera dengan target pengerjaan tuntas di tahun 2024.

“Pembangunan tahap I yang dikerjakan adalah yakni jalur Padang-Sicincin 27 km, dan jalur Pekanbaru-Kampar sepanjang 17 km,” kata Gubernur Irwan.

Dilansir dari harianhaluan.com, Minggu 29 Januari 2017, pria lulusan Fakultas Psikologi UI ini akan mempersiapkan persyaratan agar pencairan uang pinjaman untuk pembangunan itu segera dilakukan. “Untuk syaratnya akan disiapkan, seperti Amdal, trase, DED,” ujarnya.

Guna memperlancar pembangunan ini, Pemprov sudah mempersiapkan lahan bahkan sejumlah ruas jalan juga telah dilakukan pengerasan, serta telah dibangun 4 jembatan penghubung.

Dari total panjang jalan Padang-Sicincin 27 km, 17 km-nya telah tersedia yakni jalur Duku ke Sicincin, dan dari Duku ke Buayan Sicincin juga sudah dimulai sejak lama. “Yang belum tinggal pembebasan lahan guna pelebaran nantinya, dari 36 meter menjadi 60 meter,” katanya lagi, dikutip dari Merdeka.com.

Sementara itu, pembebasan lahan masih diupayakan untuk 10 km dari bypass Padang menuju Duku. Untuk biaya pembebasan lahan ini didanai oleh pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), namun demikian untuk pembiayaan pembebasan lahan masih menunggu payung hukum berupa peraturan presiden.

“Selagi menunggu keputusan presiden, kami telah melakukan pendataan terhadap tanah milik masyarakat untuk pembebasan lahan,” ujar Irwan.

Peraturan presiden ini rencananya dikeluarkan pada bulan Februari, yang menyatakan bahwa Tol Padang-Pekanbaru merupakan jalan strategis nasional. Proyek jalan nasional sebesar Rp5 triliun ini akan dikerjakan oleh PT Hutama Karya.
(As)

%d blogger menyukai ini: