Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Ridwan Kamil Akui Semua Dinas di Pemkot Bandung Rawan Pungli

Ridwan Kamil Akui Semua Dinas di Pemkot Bandung Rawan Pungli

Foto: Oris Riswan/Okezone

Sketsanews.com, Bandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengakui terdapat kerawanan terjadinya pungulitan liat (pungli) di semua dinas di Pemkot Bandung. Sebab selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh pejabat dan pegawai nakal untuk mencari keuntungan pribadi.

“Semuanya juga rawan. Rawan itu gini, katakanlah dinas itu tidak ada hubungannya melayani masyarakat tiap hari, tapi kan ada proyek bangun anu, bangun anu, kan gitu, apakah minta ke kontraktor atau apa, itu mah kan (memanfaatkan) kesempatan,” kata Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Senin (30/1/2017).

Ia sendiri mengaku selama ini banyak membangun sistem online untuk berbagai pelayanan publik di Kota Bandung demi menghindari adanya pungli, gratifikasi, suap, dan tindakan negatif lainnya.

“Kita sudah membangun sistem teknologi ya supaya menghindari hal-hal seperti ini. Makanya saya sangat kecewa itu karena sistem yang sudah dibangun itu “dipersusah” login-nya, lelet misalkan, supaya orang bingung akhirnya, orang datang lagi, bertemu lagi, modusnya kan gitu,” jelasnya.

Ia pun akan memperkuat sistem online yang ada agar pelayanan bisa maksimal dan sulit diakali pegawai nakal. Sehingga ke depan diharapkan tidak ada lagi pelanggaran hukum yang dilakukan pegawai.

“Jadi saya akan memperkuat tim. Saya sudah bilang ke Pak Sekda untuk membentuk tim satgas reformasi dalam proses-proses perizinan dan sistem online untuk memastikan teknologinya ada tapi (benar-benar) dilaksanakan,” ungkap Emil, dikutip dari okezone.com

(Fya)

%d blogger menyukai ini: