Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Anggarkan Pemugaran Islamic Center Rp1,5 M

Anggarkan Pemugaran Islamic Center Rp1,5 M

Sketsanews.com, Lampung – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pengelolaan Sumber Daya Air (DPKPPSDA) Provinsi Lampung sedang mematangkan rencana pemugaran gedung Asrama Haji Rajabasa Lampung. Total anggaran yang dibutuhkan diperkirakan Rp1,5 miliar.

Kepala DPKPPSDA Edarwan mengatakan memang benar pengerjaan ini menjadi wewenang satuan kerjanya. Namun demikian, saat ini masih dalam tahap perencanaan.

“Salahsatunya menjadi tupoksi kami. Tapi masih dalam tahap perencanaan untuk dilakukan penayangan lelang,” ujarnya kepada Radar Lampung, kemarin (29/1).

Dijelaskan dia, saat ini masih dalam pematangan teknis-teknis perombakan bangunannya seperti apa. “Kalau itu masih dikonsultasikan. Nanti kalau sudah selesai, akan langsung ditayangkan untuk dilelang,” jelasnya.

Sementara itu, dukungan lainnya untuk embarkasi adalah soal perawatan Islamic Center. Kabag Agama demisioner Biro Bina Mental Provinsi Lampung M. Risco mengatakan, saat ini Pemprov telah menganggarakan perbaikan perawatan Islamic Center sekitar Rp1,5 miliar pada APBD 2017.
Sebab, untuk menjadikan bandara Internasional harus ditunjang pembangunan sarana dan prasarana yang memadai. Di mana Islamic Center akan dijadikan tempat manasik sekaligus embarkasi haji. Apalagi, pihaknya belum lama ini telah melakukan cek persiapan sarana dan prasarana.

“Berdasarkan pantauan secara umum kita melihat persiapan dan mengecek kondisi asrama mulai dari listrik, lampu, air, AC, toilet , kantin, tempat tidur, hingga gedung asrama haji, peralatan gedung di asrama haji apa sudah siap atau tidak. Karena ini pentinya guna penyempurnaan dari beberapa fasilitas,” ujarnya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Heri Suliyanto mengatakan, untuk pembangunan penunjang embarkasi, diprioritaskan untuk pembangunan wisma haji, dikutip dari Radarlampung.co.id

”Setidaknya, wisma haji ini bisa menampung untuk dua kelompok terbang (keloter) apalagi tahun ini kuota haji Lampung menjadi seperti semula. Juga dengan Islamic Center. Dan juga direncanakan ada penambahan ruangan untuk panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH),” jelasnya.

[As]

%d blogger menyukai ini: