Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ketua MUI KH Ma’ruf Amin Bersaksi di Sidang Ahok Hari Ini

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin Bersaksi di Sidang Ahok Hari Ini

Sketsanews.com, Kebayoran Baru – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Ma’ruf Amin, dijadwalkan bersaksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama di Gedung Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (31/1/2017) ini.

“Iya betul, rencananya beliau (KH Ma’ruf) akan bersaksi. Mudah-mudahan beliau bisa hadir,” ujar Triana Dewi Seroja, juru bicara Ahok. kepada Warta Kota, Senin (30/1/2017).

Dikatakan Triana, Tim Hukum Ahok tidak punya persiapan terkait kehadiran Ma’ruf di sidang Ahok. Persiapan mereka tetap sama seperti sidang-sidang sebelumnya.

“Yang pasti kita akan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk beliau nantinya,” katanya.

Dia menambahkan, Ma’ruf diajukan jaksa penuntut umum (JPU) sebagai saksi dalam kapasitasnya sebagai Ketua MUI Pusat. Sidang akan dibuka pukul 09.00 WIB.

Dalam undangan yang disebar Tim Advokasi Bhineka Tunggal Ika BTP, selain Ma’ruf, ada empat saksi lain dari JPU yang dijadwalkan akan memberikan keterangan kepada majelis hakim.

Mereka antara lain, Jae­nudin alias Panel bin Adim (nelayan Pulau Panggang), Sahbudin alias Deni (nelayan Pulau Panggang), Dahliah Umar (Komisioner KPU DKI Jakarta periode 2013-2018), dan Ibnu Baskoro, sebagai saksi pelapor yang tinggal di Jakarta.

Sementara itu penasihat hukum Ahok, Trimoelja D Soerjadi, mengatakan bahwa sidang masih beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Masih pemeriksaan saksi-saksi,” tutur Trimoelja saat dikonfirmasi, Senin (30/1).

Ibnu Baskoro yang tidak hadir saat persidangan minggu lalu direncanakan akan dihadirkan kembali oleh JPU. Ibnu sudah tiga kali mangkir menjadi saksi di persidangan sebelumnya.

Sebelumnya, Lurah Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Yuli Hardi dan Nurkholis Majid, petugas humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang merekam pidato Ahok di Kepulauan Seribu sudah dihadirkan pada sidang minggu lalu.

Di sisi lain, terkait pengamanan sidang Ahok, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, kepolisian akan tetap memberlakukan pengamanan ketat seperti pada sidang-sidang sebelumnya. Jalan Raya RM Harsono juga akan ditutup seperti biasa.

“Pengamanan ada beberapa ring. Pertama lokasi sidang. Kubu pro-kontra kita siapkan kursi dan tetap kita amankan, sterilkan sebelum sidang,” ujar Argo kepada wartawan.

“Kedua, halaman Kementan juga kita amankan. Jangan sampai rekan media terganggu. Ketiga, di luar di Jalan Kementan (Jalan Raya RM Harsono–Red) tetap kita lakukan penutupan dan kita berharap kedua kubu tidak bersatu dan dipisah. Jika berorasi tidak saling ganggu,” bilang Argo. Dikutip dari Wartakota.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: