Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Rex Tillerson Selangkah Lagi Resmi Jadi Menlu AS

Rex Tillerson Selangkah Lagi Resmi Jadi Menlu AS

Sketsanews.com, Washington – Senat Amerika Serikat (AS) merestui pencalonan Rex Tillerson sebagai menteri luar negeri (menlu) menggantikan posisi John Kerry. Namun, peresmian CEO Exxon Mobil itu masih harus dikonfirmasi lewat sistem voting yang akan dilakukan pada pekan ini.

Presiden Donald Trump menuduh anggota senat asal Partai Demokrat sengaja menunda pengukuhan kabinet pilihannya. Senat AS harus berdebat selama 30 jam sebelum mengeluarkan restu mereka pada Senin 30 Januari malam waktu setempat.
Diwartakan Reuters, Selasa (31/1/2017), dalam penghitungan suara untuk maju ke langkah selanjutnya, sebanyak 56 anggota senat sepakat menunjuk Tillerson. Seluruh anggota senat asal Partai Republik yang berjumlah 52 orang merestui pria berusia 64 tahun itu. Tambahan empat suara lagi diraih dari anggota senat asal Partai Demokrat.

Ketua Fraksi Demokrat, Chuck Summer dan sejumlah kadernya berupaya menunda penunjukan Tillerson. Mereka mengaku ingin menanyakan pandangan pria asal Texas itu mengenai kebijakan terkait imigran. Tillerson dan Presiden Donald Trump diketahui memiliki pandangan yang berbeda terkait imigran.

Senat yang dikuasai oleh Partai Republik berupaya mempercepat pengesahan anggota kabinet Presiden Donald Trump. Hingga saat ini, baru tiga anggota kabinet yang disahkan, yakni Menteri Pertahanan, James Mattis; Menteri Keamanan Dalam Negeri, John Kelly; dan Direktur CIA, Mike Pompeo. Partai Republik menguasai 52 dari 100 kursi di Senat. Dengan demikian, raihan suara tipis dari mayoritas saja sudah cukup untuk dikukuhkan sebagai anggota kabinet.

Rex Tillerson semakin mendapat angin sejak tiga senator Republik yang pernah meragukannya, John McCain, Marco Rubio, dan Lindsey Graham, berbalik mendukungnya. Marco Rubio sempat ragu mengenai pandangan Rex Tillerson terkait isu hak asasi manusia (HAM). Dikutip dari Okezone.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: