Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ini Kesaksian Ketua MUI di Sidang Ahok

Ini Kesaksian Ketua MUI di Sidang Ahok

Sketsanews.com, JAKARTA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin, dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang lanjutan kasus penodaan agama yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (31/1/2017). Dalam kesaksiannya, ia mengatakan sikap dan pendapat MUI keluar atas pelaporan dan desakan masyarakat.

Setelah banyak desakan masyarakat, MUI membahas kasus tersebut dengan empat komisi. Hasil rapat komisis disampaikan kepada pengurus harulian MUI.

“MUI bentuk tim yang terdiri dari empat komisi yang terdiri dari komisi fatwa, pengkajian, perundanga-undangan dan informasi serta komunikasi untuk melakukan pembahasan dan penelitian,” kata Ma’aruf saat sidang di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Menurut Ma’ruf, pembahasan berlangsung dari 1 Oktober hingga 11 Oktober 2016. Keputusan menyatakan bahwa Basuki Tjahaja Purnama telah menghina Al Qur’an dan ulama.

“Terdakwa memposisikan Al Qu’ran sebagai alat kebohongan. Memposisikan Al Qur’an dengan rendah. Yang menyampaikan ayat Al Qur’an itu ulama. Maka itu juga menghina ulama,” tandasnya.

Meski menandatangani sikap dan pendapat keagamaan tersebut, Ma’aruf tidak pernah melihat video tersebut. Ia hanya mengaku melihat transkrip percakapan.

“Tidak melihat video. Tim yang melihat video. Saya hanya baca transkrip perkataannya saja,” imbuhnya.

Saat ini kesaksian Ma’aruf masih berlangsung. Terdakwa dalam kasus ini adalah Basuki Tjahaja Puenama alias Ahok, calon petahana gubernur DKI Jakarta. Dikutip dari Poskota.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: