Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News, Politik Tiga Opsi Terkait Penambahan Kursi DPR

Tiga Opsi Terkait Penambahan Kursi DPR

Lukman Edy

Sketsanews.com, Jakarta – Wacana penambahan jumlah anggota DPR RI dari yang ada saat ini menuai banyak perdebatan. Hal ini juga menjadi perhatian dari Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu.

Menurut Wakil Ketua Pansus Lukman Edy, opsi penambahan jumlah kursi di DPR ini muncul saat Rapat Dengar Pendapat Umum Pansus dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pemerhati pemilu.

“Ada salah satu LSM mengusulkan opsi penambahan jumlah anggota DPR didamping opsi lainnya untuk memperkecil derajat disproporsionalitas yang lebar,” katanya, di kompleks DPR, Selasa (31/1).

Dari hasil perdebatan, Pansus sudah memiliki opsi yang akan ditawarkan dan dibahas nantinya dalam rapat. Tujuannya, agar didapatkan opsi terbaik yang disepakati bersama sebelum diputuskan.

“Nanti ada tiga tawaran, ini terkait dengan opsi penambahan anggota DPR dan opsi memperkecil derajat disproporsionalitas,” tegas anggota DPR asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Lukman menjelaskan, mengacu hasil pemilu 2014, ada perbedaan yang besar untuk mendapatkan satu kursi DPR dari masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Harga kursi paling kecil ada di Jawa Barat III (Cianjur) dengan 200.000-an suara. Sementara harga kursi paling besar ada di provinsi Kepulauan Riau, yakni 600.000-an suara.

“Derajat disproporsionalitas yang lebar seperti ini pasti menimbulkan ketidakadilan dan ketidakmerataan. Oleh sebab itu, pemilu 2019 nanti prinsip keadilan dan kesetaraan harus dijadikan landasan untuk melakukan evaluasi terhadap norma yang mengaturnya pada UU lama,” tandas Edy, dikutip dari Jpnn.com.
(Ip‎)

%d blogger menyukai ini: