Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Olahraga PSSI Manfaatkan Piala Presiden Untuk Seleksi Wasit

PSSI Manfaatkan Piala Presiden Untuk Seleksi Wasit

Sketsanews.com, Jakarta – Piala Presiden 2017 akan jadi ajang seleksi dan uji coba wasit. Bila kinerja mereka buruk, maka PSSI bakal memberi mereka sanksi atau bahkan dicabut izinnya sebagai pengadil lapangan.

Turnamen Piala Presiden akan kembali digelar pada akhir pekan ini. Sebelum ajang pramusim tersebut digelar, PSSI sudah menggelar sumpah dan janji terhadap 38 dari 58 wasit yang akan memimpin pertandingan.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi berharap dengan adanya pengambilan sumpah tersebut membuat para wasit bisa berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

“Wasit itu hakim. Kalau hakim sudah tidak benar. Maka tidak cocok jadi hakim, berarti tidak cocok jadi wasit. Ini ujian pertama saya saat menjadi ketua bahwa akan ada turnamen yang akan digelar pada 4 Februari,” ujar Edy.

Pria yang juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI ini memperingatkan para wasit bahwa PSSI tak akan ragu untuk menjatuhkan sanksi bagi mereka yang terbukti telah mencederai nilai-nilai fair play. Ditegaskannya, pihaknya siap memberikan berbagai sanksi, hingga yang terberat adalah mencabut haknya sebagai pengadil lapangan.

“Kalau memang dia pantas jadi wasit, kami akan lanjutkan. Kalau dia kurang mampu, kurang pengetahuan tentang perwasitan misalnya, kami akan sekolahkan, berikan pelajaran agar dia mampu. Tapi kalau urusan mental, jangan harap dia jadi wasit,” tegas Edy.

“Kalau dia melanggar tidak sportif, dan menguntungkan salah satu tim, maka kami akan mencoretnya dari perwasitan Indonesia. Tidak hanya di Piala Presiden, tapi seterusnya. Kecuali dia salah mengambil keputusan, kami akan lihat dulu,” sambungnya.

Edy menambahkan, untuk gelaran Piala Presiden 2017 ini, PSSI akan menugaskan ratusan personel khusus. Mereka ini nanti akan mengawasi secara ketat kinerja para korps baju hitam tersebut.

“Kami akan tambahkan 200 personel yang akan mengawasi ini (wasit),” tutupnya.

PSSI sendiri nantinya akan menugaskan 58 wasit di Piala Presiden. Mereka terdiri dari 20 wasit, 20 asisten wasit, 10 pengawas pertandingan, empat instruktur wasit, dan empat orang yang ditunjuk sebagai pengawas yang dibentuk PSSI. Dikutip dari Bola.net.

(Eni)

%d blogger menyukai ini: