6 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja

Sketsanews.com, New York – Zaman sekarang orang sudah tidak perlu ke mal untuk belanja. Artinya, zaman sekarang ada banyak cara untuk menghamburkan uang, bisa e-commerce sampai jasa titip di Instagram.

Tentunya adalah hak setiap orang untuk belanja, baik itu barang ekspor atau impor, tetapi hobi itu bisa berbahaya jika besar pasak daripada tiang.

Kelakuan shopaholic perlu ditangani bila kamu kecanduan belanja secara kompulsif. Psychology Today menyebut perilaku belanja seperti itu bernama Oniomania, yakni keranjingan belanja sehingga membawa dampak negatif.

Hasilnya bisa membuat utang menumpuk, mengganggu hubungan pribadi, atau berujung pencurian demi memenuhi hasrat memberi barang.

Perilaku belanja secara kompulsif itu bisa saja membuat keluarga atau teman khawatir. Dan itu dapat kamu cegah bila bisa memantau gejalanya.

Bila kamu sudah khawatir terhadap perilaku sendiri saat belanja atau cemas jika ada anggota keluarga yang terjerat perilaku ini, berikut enam tanda orang yang punya masalah belanja kompulsif seperti dilansir The Ladders:

Sketsanews.com ❱ Original Source : Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: