Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Bocah Ini Mengeluh Sakit di Telinga, Ternyata Ditumbuhi Belatung

Bocah Ini Mengeluh Sakit di Telinga, Ternyata Ditumbuhi Belatung

Ilustrasi (Foto: thinkstock)

Sketsanews.com, Jakarta — Seorang bocah di Kazakhstan mengeluh sakit di telinga dan tidak sembuh-sembuh. Ia dibawa ke dokter, dan akhirnya ketahuan ada belasan ekor belatung hidup di dalamnya.

Para dokter mengeluarkan belatung tersebut satu demi satu dengan pinset, lalu meletakkannya di wadah stainless steel. Seorang saksi mengabadikan momen tersebut, yang kemudian menjadi viral di internet.

Dikutip dari Indiatvnews, belatung tersebut dipercaya sebagai larva lalat hijau atau bluebottle flies. Belatung tersebut, diyakini juga memakan daging di rongga telinga. Jika tidak tertangani dengan cepat, dikhawatirkan akan merusak hingga ke otak.

Aida Abdybekova, seorang ilmuwan dari Kazakhstan Scientific Researching Veterinarian Institute menyebut ini bukan satu-satunya kasus yang pernah ditemui. Beberapa waktu lalu, mereka menemukan laba-lama hidup di telinga seorang perempuan.

“Ada beberapa kasus, serangga bertelur di rongga telinga,” katanya.

Adanya larva serangga di dalam rongga telinga dikenal dengan istilah myiasis. Sesorang dengan kondisi tersebut bisa mengalami telinga berdengung, dan kadang keluar lendir dengan bau tidak sedap. Tingkat kematian akibat kondisi ini diperkirakan sekitar 8 persen.

(Ad)