Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Ini Alasan Mengapa Kepala Bisa Pusing Saat Membaca di Dalam Mobil

Ini Alasan Mengapa Kepala Bisa Pusing Saat Membaca di Dalam Mobil

Sketsanews.com, Jakarta — Karena alasan tertentu, kita perlu membaca catatan, nota, atau bahkan pesan-pesan yang ada dalam ponsel kita saat berada di dalam mobil yang sedang melaju. Hanya saja, saat membaca tersebut, kepala kita tiba-tiba langsung terasa pusing dan bahkan mual layaknya akan mengalami mabuk kendaraan. Apa penyebab dari munculnya pusing ini?


Pakar kesehatan di bidang neurologi bernama Profesor Timothy Hain yang berasal dari Northwestern University Medical School serta Charles Oman yang berasal dari Man Vehicle Laboratory of Massachusetts Institute of Technology menyebutkan bahwa membaca di dalam mobil yang melaju ternyata bisa membuat disorientasi pada otak khususnya dalam hal menentukan lokasinya dimana kita sedang berada. Sebagai informasi, untuk memahami lokasi ini, otak mengkombinasikan berbagai informasi dari berbagai indera seperti penglihatan, indera peraba, telinga bagian dalam, hingga ekspektasi dari otak. Setiap sumber informaasi ini memiliki sensor sendiri-sendiri yang mampu mempengaruhi kinerja sistem vestibular atau keseimbangan tubuh kita.

Normalnya, semua sumber informasi sensorik ini mengeluarkan sinyal yang akan membuat sistem keseimbangan tubuh menjadi lancar. Sayangnya, saat kita membaca di dalam mobil yang melaju, indera penglihatan kita menjadi fokus pada obyek yang kita baca, bukannya pada posisi kita yang sedang melaju di dalam kendaraan, hal ini akan membuat adanya sinyal yang tidak sama yang diterima otak sehingga kita pun akan mengalami disorientasi ruang dan akhirnya memicu pusing dan mual-mual.

Untuk menghilangkan rasa pusing ini, ada baiknya kita segera menghentikan membaca kita dan membiarkan tubuh kita menjadi lebih rileks sekaligus menikmati pemandangan dari luar jendela mobil. Jika perlu, bukalah jendela mobil agar kita bisa mendapatkan udara segar yang akan menghilangkan pusing dan mual-mual.

Sumber : Doktersehat.com

(Ad)