Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Mengudap Cokelat Bantu Tingkatkan Kinerja Otak

Mengudap Cokelat Bantu Tingkatkan Kinerja Otak

Beragam kudapan dari cokelat.

Sketsanews.com, Jakarta — Meningkatkan kinerja otak tidak hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional seperti membaca. Cara sederhana seperti mengudap cokelat dapat meningkatkan kinerja otak.

Seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, sejumlah ilmuan di Italia melakukan penemuan senyawa yang di dalam cokelat yang disebut flavanols, dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif otak. Para ilmuwan, yang berasal dari Universitas Roma dan L’Aquila, mengumpulkan penelitian dari 10 studi yang berbeda. Studi tersebut menilai kinerja orang pada tes kognitif sebelum dan sesudah makan cokelat.

Hasilnya terdapat sembilan dari 10 penelitian, menunjukkan ada peningkatan yang nyata setelah subyek memakan cokelat tersebut. Para ilmuwan menemukan perbaikan dalam kognisi umum, perhatian, kecepatan pemrosesan, dan memori kerja otak.

Pada subyek, terutama wanita yang merasa kurang tidur, flavanols mampu membantu menangkal efek negatif dari kurang tidur. Bahkan, para periset juga menemukan bahwa mengonsumsi cokelat selama tiga bulan secara berturut-turut bisa menghasilkan perbaikan jangka panjang yang nyata dalam kognisi otak.

Orangtua yang ingatannya sudah menurun dengan mengkonsumsi cokelat juga dipercaya akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan yakni mengurangi efek pikun. Pada dasarnya, semua cokelat memiliki flavanol, karena semuanya terjadi secara alami pada kakao. Namun, pecinta cokelat hitam pasti lebih bersuka cita, karena pada cokelat hitam memiliki lebih banyak flavanol dibanding jenis cokelat lainnya.

Para ilmuwan sendiri, setelah melakukan penelitian ini, mereka sudah mulai makan dark chocolate setiap hari. Kendati demikian, tidak disarankan Anda harus mulai makan cokelat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Jika suatu saat Anda mendapati diri Anda menguap setelah tidur nyenyak, coba cicipi sedikit cokelat.

(Ad)