Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Desa ini Bakal Jadi Destinasi Wisata Andalan Temanggung

Desa ini Bakal Jadi Destinasi Wisata Andalan Temanggung

Durian, menjadi salah satu andalah Desa Wisata Ngropoh Temanggung. ©2016 Merdeka.com

Sketsanews.com, Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung menyebut, Desa Ngropoh yang terletak di Kecamatan Kranggan memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi sebuah destinasi wisata andalan baru lantaran memiliki berbagai faktor penunjang yang dapat menarik minat wisatawan untuk berdatangan.

Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi, menyebutkan beragam potensi yang ada di desa ini sangat layak menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun juga mancanegara. Antara lain budaya dan kearifan lokal masyarakat yang masih terjaga secara utuh.

Kemudian keindahan panorama alam yang dimiliki, salah satunya fenomena sunrise (matahari terbit) hingga pemandangan berupa lima buah gunung yakni Merapi, Merbabu, Andong, Ungaran, dan Telomoyo yang dapat disaksikan sekaligus dari satu titik dengan ketinggian sekitar 500 mdpl.

Embung yang semula dibangun untuk mengairi areal lahan pertanian masyarakat, hingga limpahan komoditas durian lokal yang memiliki ciri tersendiri. Mulai rasa, aroma, hingga tekstur daging buah yang rutin diperlombakan dalam sebuah kontes khusus.

“Desa ini cukup layak menjadi destinasi unggulan baru di Kabupaten Temanggung karena memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain,” ungkapnya, beberapa waktu lalu, sebagaimana dilansir dari Merdeka.

Oleh sebab itulah, masyarakat setempat diminta untuk segera mempersiapkan diri dan sejumlah fasilitas memadai apabila desa mereka nantinya benar-benar menjadi jujugan baru bagi para wisatawan. Seperti menyediakan rumah singgah (home stay), kerajinan tangan khas, komoditas khas, hingga atraksi budaya.

“Lebih bagus lagi kalau ada nilai historis atau cerita sejarah dari desa setempat sehingga terdapat nilai edukatif bagi wisatawan yang datang berkunjung. Pasti menarik,” pungkasnya.

(Wis)