Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Hukum, News Polisi Terus Buru Pemilik 1 Ton Sabu-sabu

Polisi Terus Buru Pemilik 1 Ton Sabu-sabu

Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M. Iriawan (tengah) didampingi Dit Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta (ketiga kanan), Kapolresta Depok Kombes Pol Herry Heryawan (keempat kiri), serta para staf memperlihat sabu yang gagal diselundupkan di Dermaga eks Hotel Mandalika, Anyer, Serang, Banten, 13 Juli 2017. (foto: Antara)

Sketsanews.com, Jakarta – Tim gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan Polres Depok terus menyelidiki pemilik sabu-sabu seberat 1 ton yang dibawa empat warga negara Taiwan, di tepi pantai dekat bekas Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten. Polisi telah berhasil mengamankan kapal yang membawa 1 ton sabu-sabu itu, di daerah Batam.

“Kami tetap menyelidiki yang menyuruh siapa. Itu semua koordinasi dengan polisi Taiwan. Akan terus kami kembangkan mengungkap pemiliknya,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, kepada Beritasatu.com, Senin (17/7).

Dikatakannya, penyidik bekerja sama dengan Bea Cukai juga telah mengamankan kapal yang mengangkut satu ton sabu-sabu itu.

“Kapal sudah berhasil diamankan di Batam. Kami tetap menyelidiki pemilik kapal siapa, yang menyuruh siapa,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nico Avinta mengatakan, penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Polres Metro Depok, Bea Cukai Kepri, dan Bea Cukai Pusat, telah menangkap kapal, diduga kuat mengangkut sabu-sabu seberat 1 ton, kemudian diserahkan kepada empat tersangka yang telah ditangkap di dermaga bekas Hotel Mandalika, Anyer, Serang, Banten.

“Telah dilakukan pengadangan dan penangkapan kapal diduga yang membawa satu ton sabu-sabu. Penangkapan dilakukan di Perairan Tanjung Berakit, Sabtu (15/7) kemarin,” katanya dikutip dari Beritasatu.

Ia menyampaikan, kapal yang diamankan bertipe yacht bernama Wanderlust, asal Republic of Sierra Leone, dengan panjang 27,9 meter dan lebar 6,45 meter.

“Kemudian, dua unit rubber boat (perahu karet) berwarna biru, 1 unit mesin boat Yamaha dan satu mesin boat Tohatsu,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan Polres Depok, menggagalkan penyelundupan satu ton narkotika jenis sabu-sabu, yang dilakukan empat orang warga negara Taiwan, di tepi pantai dekat Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis (13/7).

Para tersangka berinisial LMH berperan sebagai pengendali (ditembak karena melakukan perlawanan pada saat penangkapan), CWC, LGY, dan HYL. Mereka menyelundupkan sabu-sabu asal Tiongkok berkualitas super itu melalui jalur laut. Barang bukti sabu-sabu dikemas berbentuk kotak dan dilapisi plastik agar tidak basah.
(Im)