Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Pemagangan dan Sertifikasi Profesi Tingkatkan Kualitas SDM Pekerja

Pemagangan dan Sertifikasi Profesi Tingkatkan Kualitas SDM Pekerja

Hanif Dhakiri di BLK. ©istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM nasional. Di antaranya adalah memperkuat akses dan mutu pelatihan kerja. Saat ini, Kemnaker juga bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menciptakan program pemagangan nasional.

Langkah pemagangan akan dilakukan sesuai terstruktur jabatan, yang nantinya akan dikutkan pada uji kompetensi dan sertifikasi profesi. Cara ini, sebagai cara mencapai kebutuhan tenaga kerja terampil berkisar 113 juta di target tahun 2030 tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, pada tahun 2016 Indonesia baru memiliki sekitar 57 juta tenaga kerja terampil. Hal ini berarti Indonesia harus menciptakan 4 juta tenaga kerja terampil setiap tahunnya.

“Pemerintah tidak akan bisa melakukan ini sendiri. Dukungan dari dunia usaha menjadi sangat penting,” katanya beberapa waktu lalu.

Ia mengajak, dunia usaha atau industri bisa terlibat aktif dalam program percepatan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan ikut terlibat aktif merancang kurikulumnya yang sesuai dengan kebutuhan dengan berdasarkan standar kompetensinya yang disesuaikan dengan kreasi dari kalangan dunia industri.

Hanif menegaskan, keterlibatan dunia usaha dan industri ini jadi bagian dari investasi Sumber Daya Manusia (SDM) bagi dunia usaha itu sendiri.

“Ini akan sangat menguntungkan bagi dunia usaha, karena bakal memiliki aset SDM yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dunia usaha dan idnustri,” katanya, seperti dilansir dari Merdeka.

(Fya)