Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Pendidikan SD di Lamongan Ini Hanya Miliki 2 Siswa Baru

SD di Lamongan Ini Hanya Miliki 2 Siswa Baru

Dua siswa baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tumenggungam 1, Kecamatan Lamongan Kota, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (faktualnews.co)

Sketsanews.com, Lamongan – Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2017/2018 di beberapa wilayah diwarnai aksi unik, sejumlah wali murid berangkat lebih awal untuk mencarikan tempat duduk bagi anaknya.

Namun, hal itu tidak nampak di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tumenggungam 1, Kecamatan Lamongan Kota, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, karena di sekolah ini hanya memiliki dua orang siswa baru.

Pantauan di lokasi, meski hanya ada dua siswa baru proses belajar mengajar di hari petama sekolah, Senin (17/7/2017) tetap berjalan. Seorang guru bernama Tastin terlihat semangat mengajar dua siswanya tersebut.

Duduk dua siswa itu bahkan menyebar dan nampak puluhan bangku kosong ditata rapi di pojok kelas. Sementara orang tua dua siswa itu menunggu anaknya yang sedang belajar.

Semangat ibu guru dan dua siswa itu masih tetap menyala meski suasana kelas sepi dan sangat tidak ideal.

Sementara itu, Kabid TK/ SD Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Syukur, kepada awak media, Senin (17/7/2017), mengatakan sepinya minat siswa baru untuk mendaftar di SDN Temenggungan 1 itu dikarenakan para orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di sekolah swasta favorit.

“Ya kan para orang tua kebanyakan memilih sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) favorit yang ada di dalam kota,” jelasnya, seperti dikutip dari Faktualnews.

Selain itu lokasi sekolah SD Tumenggungan yang berada di lingkungan penduduk menjadi penyebab semakin tidak diminatinya sekolah itu.

Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, sebenarnya berencana melakukan pengabungan SD tersebut dengan SD lainnya.

“Rencananya begitu (marjer) tapi kan tidak semudah yang dibayangkan, harus minta masukan dari warga sekitar dulu dan pihak lainnya,” tukas Syukur.

(WIs)