Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Politik Partai Syariah 212 Resmi Mendeklarasikan Diri

Partai Syariah 212 Resmi Mendeklarasikan Diri

ALUMNI 212: Para alumni Aksi Bela Islam 212 saat mendeklarasikan partai politik baru dengan nama Partai Syariah 212 di Gedung Joeang, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2107).

Sketsanews.com, Jakarta – Spirit 212 terus berevolusi. Hari ini (17/7/2017) alumnus dari aksi 212 yang merupakan anggota dari GNPF-MUI, mendeklarasikan diri menjadi sebuah partai dengan nama Partai Syariah 212. Deklarasi mengambil tempat di Gedung Djoeang, Menteng Jakarta Pusat.

Menurut Ma’ruf Halimuddin, salah seorang penggagas, Partai 212 digagas secara cepat.

“Menggagas ini sangat cepat sekali karena untuk saat ini nuansanya memang sudah bisa dibilang menginginkan yang arahnya sebuah partai jadi kita coba aja langsung membuat sebuah partai,” ucapnya di Gedung Djoeang Jakarta, pada senin (17/7/2017).

Partai Syariah 212 memulai tahapan mengikuti proses demokrasi Indonesia dengan melakukan deklarasi.

Ma’ruf mengklaim anggota massa Partai Syariah 212 sudah ada dan tersebar di 34 Provinsi dari Sabang sampai Merauke.

“Selama ini dari Aceh sampai Merauke sudah ada, semuanya sudah ada bukan cuma tingkat provinsi tapi tingkat kabupaten sudah ada,” ujarnya.

Mengutip dari Indopos, anggota Partai Syariah 212 merupakan alumnus dari aksi tanggal 2 Desember 2016 atau yang dikenal dengan aksi 212. Aksi tersebut dilakukan umat muslim terkait kasus penistaan agama oleh Ahok.

“Jadi yang kita undang ini tidak ada Ormas, tidak ada tokoh-tokohnya. ini adalah alumnus 212 yang masih menginginkan silaturahmi yang kuat untuk keislamannya, kita undang dalam partai Syariah 212,” paparnya.

Ma’ruf menambahkan bahwa semua yang ada di dalam alumnus aksi 212 adalah anggota GNPF-MUI semuanya yang satu kesatuan. Namun sekarang ini belum mengundang para tokoh GNPF-MUI.

“Kita tidak juga mungkin semuanya serta merta untuk langsung meminta izin (GNPF-MUI) dan hal-hal kecil ini dibicarakan yang pada saatnya belum terbentuk tapi ketika ini sudah deklarasi dan sudah memanggil semua perwakilan dari semua Provinsi ini baru kita memanggil beliau semua,” jelas Ma’ruf.

Jadi, sambung Ma’ruf, ibaratnya kita tidak mau menghidangkan masakan yang belum matang, baru setelah masak bahwa dari kawan-kawan Partai Syariah 212 telah membentuk di 34 Provinsi baru kita hidangkan pada mereka.

Terkait calon anggota, Partai Syariah 212 belum melakukan estimasi pendataan.

“Saat ini kita ini tergolong sangat cepat sekali kita hanya lewat WA semuanya terbentuk sampai tingkat Kabupaten, untuk Jakarta pun sudah terbentuk sampai tingkat cabang jadi anggotanya belum mereka kirim sampai ke tingkat pusat,” jelas Ma’ruf.

Adapun Partai Syariah 212 ini dideklarasikan oleh 7 orang, di antaranya Asmah Ratu Agung, Shidiq, Agung, Ummi Andi, Rulli Munasir, Hafidz, dan Ma’ruf Halimuddin.

(Wis)